Masjid dari era kedatangan Islam di Israel ditemukan

id Masjid di Israel,Masjid Kuno,Masjid kuno israel,penemuan masjid israel

Seorang warga Palestina menaiki tangga memanjat tembok penghalang Israel yang kontroversial untuk menyeberang menunaikan shalat Jumat pertama bulan Ramadhan di Masjid Al-Aqsa Yerusalem, dekat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki Israel, Jumat (10/5/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/ Mohamad Torokman/wsj.

Rahat (ANTARA) - Arkeolog di Israel mengatakan mereka telah menemukan reruntuhan dari salah satu masjid pedesaan tertua yang dibangun pada masa kedatangan Islam di tanah tersebut, Kamis.

Otoritas Peninggalan Antik Israel memperkirakan masjid di kota Rahat itu berasal dari sekitar abad ke tujuh hingga delapan.

Ada beberapa masjid besar yang diketahui berasal dari masa tersebut di Yerusalem dan Mekkah. Namun, jarang ditemukan tempat beribadah yang sangat kuno dengan jemaah yang kemungkinan adalah petani setempat, kata Otoritas itu.

Setelah situs itu digali, ditemukan sisa-sisa masjid tanpa atap - sebuah bangunan persegi panjang, seukuran garasi dengan kapasitas satu mobil, dengan ceruk doa menghadap ke selatan menuju Mekah.

Gideon Avni dari Otoritas Peninggalan Antik mengatakan situs ibadah itu merupakan salah satu masjid tertua yang diketahui berasal dari awal kedatangan Islam di Israel, setelah penaklukan Arab pada tahun 636 Masehi.

"Penemuan desa ini, serta masjid di dalamnya, menjadi kontribusi yang signifikan untuk penelitian sejarah negara ini di tengah masa pergolakan," katanya.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar