Planetarium Jakarta rutin mengajak warga teropong bulan 72 kali setahun

id Gerhana bulan, planetarium, jakarta

Planetarium Jakarta rutin mengajak warga teropong bulan 72 kali setahun

Layar yang menayangkan secara langsung proses gerhana bulan sebagian di Planetarium dan Observatorium Jakarta, Selasa (16/7/2019) malam. (Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Planetarium dan Observatorium Jakarta menggelar secara rutin peneropongan malam terhadap bulan dan planet di luar angkasa sebanyak 72 kali dalam setahun, dengan mengajak warga masyarakat.

Kepala Satuan Pelaksana Teknik Pertunjukkan dan Publikasi Planetarium dan Observatorium Jakarta, Eko Wahyu Wibowo, di Jakarta, Selasa (16/7) malam, mengatakan, peneropongan malam rutin dilakukan dengan objek bulan, Saturnus, Mars dan Jupiter.

Ditemui di sela kegiatan peneropongan gerhana bulan sebagian, di pelataran Planetarium dan Observatorium Jakarta, ia mengatakan peneropongan rutin juga digelar secara gratis.

Minat masyarakat melakukan peneropongan malam, kata dia, cukup besar karena rata-rata diikuti 200-300 orang setiap kegiatan.



"Jadi, kami rutin dalam satu tahun mengadakan 72 kali peneropongan (rutin) bulan, Mars, Jupiter dan Saturnus dilihat pada posisinya, ditambah fenomena-fenomena astronomi lainnya," jelasnya.

Fenomena astronomi lainnya, antara lain gerhana bulan sebagian yang sedang berlangsung, atau konjungsi yakni ketika posisi planet-planet saling berjajar.

Pada tahun 2019 ini, Eko menyebutkan ada tiga fenomena gerhana, yakni gerhana bulan sebanyak dua kali pada Januari dan Juli ini, dan gerhana matahari pada Desember mendatang.

Sebelumnya, Planetarium dan Observatorium Jakarta mempersilakan masyarakat yang ingin melakukan peneropongan gerhana bulan secara langsung.



Peneropongan gerhana bulan berlangsung pada Selasa, mulai pukul 21.00 hingga Rabu pukul 06.00 WIB yang berlangsung gratis dan terbuka untuk umum.

Awal gerhana bulan sebagian diperkirakan dimulai Rabu, pukul 01.43 WIB.

Selain pengamatan terhadap gerhana bulan sebagian, Jupiter dan Saturnus, Planetarium dan Observatorium Jakarta juga menggelar diskusi tentang gerhana bulan.

Masyarakat juga dapat mengikuti secara langsung proses gerhana bulan sebagian melalui live streaming (siaran langsung) dari Plaza Teater Planetarium dan Observatorium Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat, pada Rabu dini hari ini.