Diskominfotik Lampung kunjungi LKBN Antara untuk tingkatkan mitra pemberitaan

id Diskominfo kunjungu, Antara, untuk peningkatan berita

Diskominfo kunjungi LKBN Antara Biro Lampung (Antaralampung.com/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Lampung mengunjungi Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Lampung dalam rangka upaya meningkatkan kemitraan pemberitaan untuk menangkal berita-berita hoaks.

"Penyebaran berita hoaks sangat berbahaya karena dapat membuat seseorang salah paham. Dengan menggaet insan media terutama Antara jadi kita bisa mengatasi berita hoaks dengan memberikan berita-berita yang positif," kata Kepala Bidang (Kabid ) Desminasi Informasi Diskominfo dan Statistik Provinsi Lampung Ganjar Jationo, di Kantor LKBN Antara Lampung, Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan, sangat penting untuk semua instansi khususnya Diskominfotik bersinergi dengan media-media guna penyebaran informasi-informasi yang jelas.

 Menurut dia dengan menyebarkan berita-berita positif maka hal itu dapat menekan berita-berita hoaks atau bohong di kalangan masyarakat.

"Apalagi Antara ini memiliki tujuan mencerdaskan bangsa. Dengan berita-berita yang membangun, dapat membantu dalam menyebarluaskan informasi-informasi yang kompeten dan faktual," kata dia.

Dia berharap LKBN Antara juga dapat menjadi acuan bagi media-media lokal maupun tingkat nasional dengan penyebaran pemberitaan yang bernuansa membangun.

Ganjar menjelaskan, dengan adanya acuan itu, maka media-media lain juga diharapkan dapat meniru apa yang telah diberitakan oleh Antara.

Berita positif sangat berdampak bagi  kalangan masyarakat khususnya pada zaman saat ini yang telah berbasis online.

"Sekarang ini informasi-informasi itu sangat mudah didapat masyarakat melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Tapi kan kita belum tahu kebenarannya, itu lah gunanya media untuk menepis informasi-informasi yang memang dianggap hoaks," kata dia lagi.

Kepala Biro Antara Lampung Hisar Sitanggang mengatakan pihaknya menyambut baik atas kunjungan dari Diskominfo Lampung dalam rangka meningkatkan kemitraan dan bersinergi dalam hal pemberitaan yang mendidik dan positif.

"Kami siap membantu dalam penyebaran informasi yang positif kepada masyarakat agar mereka dapat terhindar dari berita-berita hoaks," katanya.

Pihaknya akan meningkatkan lagi sinergitas dan kemitraan ini, Antara menyakini dapat menepis dan mencegah adanya keributan karena diakibatkan dengan adanya berita hoaks tersebut.

"Kami menjaga betul pemberitaan dan penyebaran informasi yang sesuai dengan fakta, karena penting bagi Antara untuk menjaga kebenaran dan meminimalisir kesalahan dalam penulisan berita," tambah dia.
Pewarta :
Editor: Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar