TNI AD akan dirikan 31 Kodim di Papua dan Ambon

id TNI AD,Kodim

TNI AD akan dirikan 31 Kodim di Papua dan Ambon

Wakil Asisten Teritorial Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo di Jakarta, Selasa (16/07/2019). (ANTARA/Kuntum Khaira Riswan)

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Darat memastikan akan mendirikan 31 Komando Distrik Militer (Kodim) di wilayah Indonesia bagian timur yakni Papua dan Ambon.

“Kita pastikan ada 31 kodim yang akan kita bentuk, jadi kita sudah mengirim 1.400 personil ke Papua maupun Ambon yang akan menjadi cikal bakal berdirinya kodim-kodim di wilayah rawan konflik terutamanya,” ujar Wakil Asisten Teritorial Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo di Jakarta, Selasa.
 

Pembangunan kodim di wilayah timur tersebut, lanjut Gathut sengaja diprioritaskan pada wilayah 3T yakni terpencil, terluar dan terisolir.

Tujuannya tak lain untuk memenuhi salah satu tugas pokok TNI Angkatan Darat (AD) yitu menjaga keutuhan NKRI sehingga sinergi dari pusat hingga daerah harus dibentuk.

“Kita tidak bisa untuk salah satu instansi kemudian melakukan upaya dan langkah nyata tapi harus bersinergi dari pusat sampai daerah,” kata Gathut.

Selain itu Gathut juga menyampaikan pihaknya masih mencari sekitar 12 ribu Bintara Pembina Desa (Babinsa) guna memenuhi kekurangan personil Babinsa yang akan ditempatkan di wilayah 3T tersebut.

“Kodim sendiri berupaya memenuhi personilnya karena sesungguhnya kita masih memerlukan hampir 63 ribu Babinsa, sekarang ini baru sekitar 50 ribu.

Gathut menyatakan 12 ribu Babinsa tersebut akan diambil dari satuan tempur yang sudah senior.

“‘Nantinya kita isi dari satuan tempur, kemudian satuan tempur yang sudah senior akan kita masukan ke Babinsa. Kita ingin lebih melakukan langkah nyata di wilayah 3T karena itulah yang menjadi komitmen kita,” tutupnya.