Wagub Lampung ajak peserta didik giat literasi

id wagub lampung, siswa sma/smk lampung, masa pengenalan sekolah, dinas pendidikan lampung

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik menyerahkan tanda peserta didik baru tingkat SMA/SMK di Provinsi Lampung, di GSG Unila, Bandarlampung, Senin (15/7/2019) (ANTARA/HO)

Saya optimistis Provinsi Lampung 10 sampai 20 tahun ke depan akan lebih maju di tangan mereka
Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) mengajak peserta didik untuk giat dalam literasi dan mencari informasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

"Karena saat ini perubahan arus informasi yang luar biasa. Dalam mencari literasi diharapkan dapat mencari yang utuh dan penuh. Cukup berbahaya jika mendapatkan informasi yang tidak utuh,” kata Nunik saat membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020 di GSG Universitas Lampung, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, siswa SMA/SMK adalah putra-putri bangsa yang akan memimpin Indonesia di masa depan.

“Saya optimistis Provinsi Lampung 10 sampai 20 tahun ke depan akan lebih maju di tangan mereka," katanya.

Baca juga: Kata Wagub data tepat dapat atasi persoalan masyarakat

Nunik juga menjelaskan, tantangan yang nyata saat ini yaitu keterikatan pada gawai. Karena itu siswa harus bisa mengimbangi dan membatasi waktunya dengan baik dan orang tua harus bisa mendampingi terutama akhlak anak dalam penggunaan gawai.

"Tidak menyerahkan semuanya ke pendidik, karena dengan pendidik hanya beberapa jam saja, sisanya dengan lingkungan terdekat, seperti keluarga," ujarnya.

Mantan Bupati Lampung Timur itu mengatakan, siswa baru sangat beruntung karena dapat dengan mudah mengenyam bangku pendidikan.

Ia membandingkan dengan dirinya dahulu yang nyaris tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMP karena masih sulit menemui sekolah negeri di tempat tinggalnya.

"Saya harus mendaftar ke sekolah yang jauh dengan menempuh waktu 3 hingga 4 jam perjalanan untuk sampai ke sekolah," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Lampung gelar persiapan Festival Krakatau 2019 di Pulau Sebesi

Ia mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan tenaga pendidik dan mendoakan agar mereka terus diberikan kesehatan sehingga dapat melahirkan kader-kader terbaik Lampung untuk mewujudkan generasi cerdas dan bermoral sebagai modal utama menuju Lampung Berjaya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar menyampaikan, jumlah kelulusan SMP/MTs sebanyak 133.102 siswa, yang diterima di SMA dan SMK Negeri berjumlah 61.143 siswa. Sehingga diperkirakan 71.959 siswa mendaftar dan masuk di SMA/SMK swasta atau di MA negeri/swasta di Lampung dan luar daerah.


 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar