Tol Terbanggi Besar- Kayu Agung jadi ruas tol terpanjang

id Tol lampung, lampung, tol trans sumatra, provinsi lampung, emir

Suasa Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) di ruas Terpeka (Terbanggi besar - pematang pagang - kayu agung) (Lampung. Antaranews.com/Emir Fajar Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - Jalan Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang panjangnya 185 kilometer menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia.

Sebelumnya ruas tol terpanjang masih dipegang tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang panjangnya 140,9 kilometer. 

“Ruas jalan tol ini menjadi terpanjang di Indonesia. Sebelumnya ada Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 Kilometer dan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang panjangnya 116 km,” ujar Kepala Cabang PT Hutama Karya Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, Yoni Satyo, saat dihubungi dari Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung menghubungkan Provinsi Lampung dan Sumatra Selatan dengan membutuhkan waktu 4.5 jam. 

Selain itu, bila melalui jalur umum atau Jalan Lintas Sumatra para pengendara bisa menempuh jarak 10-12 jam perjalanan, sedangkan dengan tol ini bisa mempercepat waktu perjalanan. 

“Tol ini sangat bermanfaat sekali bagi pengendara, khususnya yang suka berpergian jarak jauh,” kata Yoni. 

Ia menjelaskan, tol tersebut adalah tol lanjutan  ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang panjangnya 189 km. 

Sebagai Informasi, bahwa ada tiga tol terpanjang di Indonesia semuanya ada di Sumatera, yaitu ruas tol Padang-Pekanbaru 240 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189 km dan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat 144 km. 

Berikut data 3 tol terpanjang di Indonesia:
1. Padang-Pekanbaru
Panjang: 240 km
Target penyelesaian: Desember 2024
2. Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung
Panjang: 189 km
Target penyelesaian: Juni 2019
3. Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat
Panjang: 144 km
Target penyelesaian: 20200
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar