Pabrik di Mukomuko beli sawit dengan tinggi

id Mukomuko,Sawit Lampung

Pedagang pengumpul sedang menimbang tanaman kelapa sawit milik salah seorang petani di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko. (Foto istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan hanya sebagian dari sebanyak 11 pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) di daerah ini yang membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

“Harga sawit naik berkisar sebesar Rp20 per kilogram hingga Rp30 per kg hanya di enam dari 11 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini,” kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Minggu.



Ia mengatakan hal itu setelah menerima data harga tandan jual buah segar kelapa sawit petani di daerah ini dari sebanyak 11 pabrik minyak mentah kelapa sawit di daerah ini tanggal 13 Juli 2019.



Ia menyatakan, sebanyak lima pabrik yang membeli tandan buah segar lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, yakni harga sawit di pabrik PT SSJA naik dari sebesar Rp854 per kg menjadi Rp910 per kg, harga sawit di pabrik PT AMK naik dari sebesar Rp950 per kg menjadi Rp970 per kg.



Kemudian harga sawit di pabrik PT DDP di Kecamatan Ipuh dan Lubuk Bento naik dari sebesar Rp1.010 per kg menjadi Rp1.050 per kg, harga sawit di PT USM naik dari sebesar Rp950 per kg menjadi Rp1.050 per kg, harga sawit di pabrik PT BMK naik dari sebesar Rp1.090 per kg menjadi Rp1.120 per kg.



Sedangkan harga sawit di lima pabrik di daerah ini masih stabil seperti sebelumnya, yakni harga sawit di pabrik PT KSM sebesar Rp1.000 per kg, harga sawit di pabrik PT MMIL sebesar Rp1.000 per kg.



Kemudian harga sawit di pabrik PT SSS sebesar Rp970 per kg, harga sawit di pabrik PT SAP sebesar Rp985 per kg, harga sawit di pabrik PT KAS sebesar Rp1.000 per kg dan harga sawit di PT GSS sebesar Rp1.090 per kg.



Ia berharap, setelah ini harga pembelian tandan buah segar oleh semua pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di daerah ini terus mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.



“Semoga kenaikan harga sawit di tingkat pabrik di daerah ini akan terus berlanjut, untuk meningkatkan kesejahteraan petani kebun kelapa sawit di daerah ini,” ujarnya pula.

Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar