Demokrasi gembira di pemilihan Ketua RT 04 Labuhanratu Raya

id rt 04,Pemilihan ketua RT, demokrasi gembira

Demokrasi gembira di pemilihan Ketua RT 04 Labuhanratu Raya

Suasana pemilihan ketua RT 04 Kelurahan Labuharanratu Raya, Kecamatan Labuhanratu, Kota Bandarlampung, Sabtu (13/7) malam di Masjid Al Mardiyah. (antaralampung.com/HO/Azis Ibr/t013)

Bandarlampung (ANTARA) - Suasana gembira terlihat di raut seluruh warga baik tua maupun muda yang menghadiri musyawarah dan sekaligus pemilihan Ketua RT 04, Kelurahan Labuharanratu Raya, Kecamatan Labuhanratu, Kota Bandarlampung yang digelar di Masjid Al Mardiyah di lingkungan setempat.

Ada empat calon yang maju yakni Busroni (petahana), Usman Saidi, Sony Tristian dan Dedi Setiawan untuk memperebutkan suara dari setiap KK (satu KK satu suara).

Ketua Panitia Pemilihan Zakaria Mansyur mengaku tak menyangka antusiasme warga yang begitu tinggi, sebab dari informasi ketua RT yang mengirimkan surat undangan yakni tersebar sekitar 110, dan yang memilih sebanyak 104.

"Ini artinya hampir 100 persen tingkat partisipasinya, apalagi tadi ada beberapa warga sudah hadir terlihat dari absen dan ketika dipanggil mendapat giliran untuk menyalurkan suaranya sudah pulang," kata dia.

Tidak hanya kaum lelaki yang antusiasme menantikan hasil pemilihan, kaum ibu pun selain ada yang mewakili keluarga untuk menyalurkan suara, juga setia menanti hingga penghitungan suara usai.

Pemilihnya pun seluruh anggota warga RT setempat yang beragam profesi seperti polisi, TNI, PNS, pegawai BUMN,  dan lainnya.

Petahana yang menjadi Ketua RT 04 sejak tahun 2001 itu (Busroni) kembali terpilih dengan perolehan suara 35, Sony 24 suara, Dedi 23 suara dan Usman 21 suara serta satu suara tidak sah.

Bursroni mengucapkan terima kasih kepada warga baik yang memilihnya atau pun tidak karena di situ letaknya demokrasi, dan mengajak semua untuk saling bahu membahu menjaga dan memelihara kerukunan yang sudah ada dan harus ditingkatkan lagi.

"Saya bukan sebagai pejabat di lingkungan RT ini, tetapi sebagai  pelayan bagi warga," kata dia.

Sementara salah satu calon lainnya Dedi mengatakan berterima kasih atas kesempatan untuk ikut berpartisipasi dan mengajak untuk sama-sama membantu ketua RT terpilih.

Zakaria Mansyur mengatakan pemilihan ketua RT 04 Kelurahan Labuhanratu Raya adalah perwakilan dari pelaksanaan demokrasi "gembira". Karena meski terjadi persaingan baik di diri para calon dan para pemilih, tetapi semua berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan penuh kegembiraan tanpa memandang suku, agama dan status sosialnya.