Pemprov dukung Festival WISH 2019

id pemprov lampung, gsg unila, festival wish,beasiswa, universitas lampung

Pejabat Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto (ANTARA Lampung/HO/Humas Pemprov Lampung/Agus)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung mendukung Festival World Indonesia Scholarship (WISH) Lampung 2019 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Universitas Lampung, Bandarlampung, Sabtu (13/7).

Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa acara ini sangat strategis sebagai ajang dalam mempertemukan para pencari beasiswa, penerima beasiswa, dan lembaga penyedia beasiswa.

Sehingga, lanjut dia, dapat meningkatkan akses dan kesempatan peserta didik dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang selaras dengan visi Pemerintah Provinsi Lampung untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya sangat mendukung terselenggaranya kegiatan WISH Festival 2019 sebagai upaya dalam memajukan pendidikan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia," jelas Fahrizal.

Ia menjelaskan bahwa pendidikan adalah salah satu kunci pembentukan SDM yang berkualitas. Peningkatan kualitas pendidikan dasar, menengah, dan tinggi menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Provinsi Lampung dalam membangun pendidikan yang berkualitas dan merata, salah satunya melalui beasiswa.

"Sementara guna menghadapi tantangan global dan revolusi industri 4.0, dimulai dari tingkat menengah atas Pemerintah Provinsi Lampung akan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi melalui program Smart School dengan menyediakan jaringan internet dan komputer, mengembangkan kegiatan bisnis start up dan bisnis yang berbasis teknologi juga dengan meningkatkan kapasitas guru di bidang teknologi," katanya menjelaskan.

Fahrizal juga menuturkan bahwa pemerintah dan swasta juga terus memberikan perhatiannya di dunia pendidikan.

"Terdapat berbagai persoalan di dunia pendidikan mulai dari kurangnya tenaga pengajar, fasilitas yang kurang memadai, sampai kesulitan pembiayaan. Untuk itu, pemerintah dan swasta juga berupaya dalam memberikan jalan keluar atas persoalan tersebut, salah satunya melalui beasiswa," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Fahrizal mengajak untuk bersama-sama menciptakan sinergitas dalam membangun Provinsi Lampung berdaya saing, sejahtera, aman dan maju.

"Kami berharap beasiswa yang diberikan dapat berkorelasi dengan kualifikasi memperoleh pekerjaan dan menciptakan lapangan kerja. Dan kepada para penerima beasiswa maupun pencari beasiswa agar dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Karena Beasiswa ini tidak hanya untuk kepentingan anda, tapi juga untuk kepentingan bangsa Indonesia," harap Fahrizal.

Rektor Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin, menjelaskan bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi atau generasi emas Indonesia 2045. Untuk mencapai itu, maka motor penggerak nya adalah peningkatan SDM.

"Kalau mau memajukan negara, maka kita harus memajukan perguruan tinggi dan memajukan pendidikan. Hal ini dikarenakan kemajuan pendidikan akan berpengaruh terhadap kemajuan bangsa," jelasnya.

Hasriadi juga mengajak para mahasiswa bahwa syarat untuk diterima di perguruan tinggi luar negeri harus memiliki bekal yang cukup. Sehingga mahasiswa harus banyak memperbaiki kompetensi diri, salah satunya dengan ikut serta pada event ini.

Sementara itu, Komite WISH Festival 2019, Al Mufarid, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat sosial.

"Kami ingin setiap pemuda generasi emas Indonesia dapat mendapatkan pendidikan layak, dan menjadikan mereka individu yang siap membangun bangsa Indonesia. Kami berharap kegiatan ini ke depannya dapat menciptakan SDM yang mampu memajukan pendidikan Indonesia," jelasnya.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar