Harga sawit di Mesuji turun

id Harga Sawit karet turun,Mesuji, sawit Mesuji, CPO Mesuji

Harga  sawit  di Mesuji turun

Harga sawit turun ( Raharja/Lampung. Antaranews.com)

Harga Sawit karet turun
Mesuji (ANTARA) - Petani sawit di Kabupaten Mesuji, Lampung mengeluhkan penurunan harga kelapa sawit dan getah karet, sehingga membuat mereka enggan mengurus dan menjaga tanamannya dengan baik. 

Menurut petani sawit di Mesuji, Kamis , harga komoditas sawit pada Juli  ini turun menjadi Rp600/kg, sedangkan harga ke pengepul dari petani sawit hanya Rp400/kg.

 Kondisi itu semakin diperburuk dengan kemarau yang membuat para petani tidak bisa mengolah lahan pertanian karena tidak adanya hujan. 

"Harga buah sawit anjlok. Kondisi sekarang semakin membuat para petani menderita," ujar  Sayuti  salah satu petani dari Kecamatan Mesuji 

Ia menyebutkan, harga kelapa sawit pada awal 2019 masih mencapai Rp600/kg, namun sekarang menjadi Rp400/kg.

Kondisi itu, lanjutnya, membuat petani sawit di Kabupaten Mesuji mengeluhkan harga yang kini di bawah Rp600/kg. Sejumlah petani sawit mencari usaha lain agar kebutuhan hidup tetap terpenuhi. 

Sedangkan menurut Jarwo salah satu pengepul buah sawit dari Kecamatan Mesuji, harga buah sawit dia beli dari petani Rp400/kg. 

"Kami jual ke perusahaan dengan harga Rp600 per kg," ujarnya lagi.

Menurutnya, memang dengan harga sawit sekarang petani merasa kesulitan dan hanya mampu berharap harga sawit bisa kembali seperti semula.

Jadwo  mengungkapkan, harga sawit yang rendah itu juga membuat petani bimbang dan terancam kebutuhan keluarganya tak terpenuhi. 

Menurutnya, salah satu penyebab penurunan harga sawit adalah harga CPO yang mengalami penurunan. 

"Saat ini petani berusaha mencari penghasilan tambahan agar kebutuhan rumah tangga tetap terpenuhi," katanya lagi.

Petani kelapa sawit di Mesuji mengharapkan harga bahan baku minyak goreng itu naik, dan pemerintah bisa mencarikan solusi agar harga rendah buah sawit tak berkepanjangan. 
Baca juga: Harga minyak sawit Jambi Rp6.180 per kilogram
 
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar