Gubernur Arinal paparkan kesiapan Lampung jadi Ibu Kota Indonesia

id gubernur lampung, lampung jadi ibu kota, forum gubernur se sumatera, arinal djunaidi

Gubernur Arinal paparkan kesiapan Lampung jadi Ibu Kota Indonesia

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (ketiga dari kiri) pada Rakor Gubernur se-Suamtera di Bengkulu, Selasa (9-7-2019). (Antara Lampung/Ho)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memaparkan kesiapan Provinsi Lampung sebagai Ibu Kota NKRI sekaligus meminta dukungan dari para gubernur se-Sumatera.

Keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Bandarlampung, Selasa, hasil paparan Gubernur Arinal mendapat dukungan penuh forum gubernur se-Sumatera untuk menjadikan Lampung sebagai ibu kota.

Nominasi Lampung masuk sebagai ibu kota sebelumnya diungkapkan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) dalam dialog tentang pemindahan ibu kota negara pada tanggal 26 Juni 2019.

Baca juga: Banyaknya agenda pembangunan Gubernur Lampung bangun sinergitas dengan media nasional

Gubernur Arinal menyampaikan Provinsi Lampung sebagai ibu kota akan menjadi kekuatan baru bagi Sumatera dan akan memberikan efek ganda bagi provinsi lain di Sumatera.

"Mohon dukungan sesama provinsi di Sumatera untuk Provinsi Lampung dalam upaya mewujudkan Sumatera sebagai penopang pembangunan nasional," ujar Arinal dalam rapat koordinasi gubernur di Ballroom Krakatau Hotel Grage, Bengkulu, Selasa.

Rakorgub ini sendiri mengusung tema "Peningkatan Peran Pulau Sumatera dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional". Acara ini dibuka oleh Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Oktorialdi mewakili Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brojonegoro.

Arinal mengungkapkan bahwa Sumatera harus mengambil bagian dalam memberikan dukungan nyata dan warna terhadap pembangunan nasional.

Menurut dia, saat ini telah terbangun dan akan terus dilanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) dari Lampung sampai Aceh.

Selain itu, kota di Sumatera juga telah terkoneksi dengan layanan penerbangan sehingga Sumatera sudah lebih siap untuk menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Pemprov Lampung bersinergi dengan Jasa Raharja tingkatkan PAD

Hal ini dibuktikan dengan konstribusi Sumatera yang sangat signifikan, yaitu di atas 21 persen pada PDB nasional. Oleh karena itu, provinsi di wilayah Sumatera harus memperkuat sinergi dan mengambil peran dengan potensi dan ciri khasnya masing-masing.

Dukungan para gubernur se-Sumatera tersebut diungkapkan Pejabat Sekdaprov Fahrizal Darminto.

"Pada Rakor Gubernur ini, hasil paparan Gubernur Arinal didukung forum gubernur se-Sumatera. Mereka mendukung penuh Lampung sebagai alternatif ibu kota Indonesia,” ujar Fahrizal.

Baca juga: Pemprov Lampung dorong ekonomi kerakyatan melalui UMKM berbasis digital
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar