Ekuador pimpinan Moreno akan bergabung dengan Aliansi Pasifik

id Ekuador,Peru,Aliansi Pasifik,Amerika Latin

Ekuador pimpinan Moreno akan bergabung dengan Aliansi Pasifik

Bendera Ekuador (Foto: ANTARANews/Grafis/ist)

Lima, Peru (ANTARA) - Ekuador tahun depan akan bergabung menjadi anggota blok perdagangan regional Aliansi Pasifik yang ramah terhadap pasar dan investasi, kata Presiden Peru Martin Vizcarra pada Sabtu.

Hal itu merupakan tanda terbaru dari arah politik Ekuador yang bergeser ke sayap kanan di bawah pemerintahan Presiden Lenin Moreno.

Aliansi Pasifik pada 2012 dibentuk bersama oleh Peru, Meksiko, Kolombia, dan Chile yang bertujuan untuk mempromosikan perdagangan bebas dan memperkuat hubungan di kawasan Asia-Pasifik.

Aliansi tersebut berbeda haluan dengan komunitas Amerika Latin, seperti Aliansi Bolivaria untuk Bangsa-Bangsa Amerika (ALBA) dan Komunitas Negara Amerika Latin dan Karibia (CELAC) yang dipimpin oleh para presiden Amerika Latin anggota sayap kiri.



Mantan presiden Ekuador Rafael Correa, seorang anggota sayap kiri yang memerintah pada periode 2007-2017, mengatakan Ekuador tidak akan bergabung dengan Aliansi Pasifik selama ia masih menjabat.

Namun, Moreno, mantan sekutu politik Correa, menginginkan Ekuador dapat bergabung dengan Aliansi Pasifik setelah ia menjabat sebagai presiden Ekuador menggantikan Correa pada 2017. Bergabung dalam Aliansi Pasifik merupakan salah satu langkah Moreno yang berlawanan dengan posisi pendahulunya.

Langkah terbaru Moreno yang mengubah posisi politik luar negeri Ekuador juga termasuk memulai diskusi perdagangan dengan Amerika Serikat, menandatangani kesepakatan senilai 4,2 miliar dolar AS dengan Dana Moneter Internasional (IMF), dan mendepak keluar salah satu pendiri WikiLeaks Julian Assange dari Kedutaan Besar Ekuador di London.

"Kami menyambut Ekuador dan berkomitmen untuk mempercepat prosedur penerimaan sebagai anggota, berharap Ekuador pada 2019 akan menjadi anggota Aliansi Pasifik," kata Presiden Peru Martin Vizcarra di KTT Aliansi Pasifik di Lima, Peru.

Presiden Chile Sebastian Pinera menyambut kehadiran Presiden Moreno di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Aliansi Pasifik sebagai tamu istimewa. Pinera mengatakan bahwa Ekuador "sudah seharusnya menjadi bagian dari Aliansi Pasifik".

"Untuk alasan-alasan tertentu, Ekuador belum bergabung. Namun, kondisi hari ini sudah tepat (bagi Ekuador untuk bergabung dengan Aliansi Pasifik)," tambah Pinera.

Para negara anggota Aliansi Pasifik saat ini menyumbang sebesar 37 persen dari produk domestik bruto (PDB) di Amerika Latin dan Karibia, yang sebagian besar berasal dari Meksiko, ekonomi terbesar kedua di Amerika Latin.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador tidak dapat menghadiri KTT Aliansi Pasifik di Peru dan mengutus Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard sebagai penggantinya.




Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar