Produsen mobil listrik Nio cari mitra bangun pabrik di China

id nio,mobil listrik,mobil china,tesla

Produsen mobil listrik Nio cari mitra bangun pabrik di China

Mobil listrik NIO ES8 di Shanghai, China (REUTERS/ALY SONG)

Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan listrik China, Nio Inc sedang mencari mitra untuk membangun pabrik di Beijing, kata pendiri dan pimpinan perusahaan William Li, dilansir Reuters, Sabtu.

Pernyataan untuk mencari mitra itu muncul setelah Nio mengumumkan pada Selasa (28/5), sedang membentuk usaha patungan dengan Beijing E-Town International Investment and Development Co Ltd, yang akan menginvestasikan 1,45 miliar dolar untuk entitas baru itu.

"Basis manufaktur Nio saat ini berada di Anhui sebelah timur dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 100.000 unit, namun belum mencukupi," kata Li.

Perusahaan yang berkantor pusat di Shanghai itu mengoperasikan pabrik di Hefei bersama Jianghuai Automobile Group. Nio pun menghasilkan 3.989 unit kendaraan pada kuartal pertama, hampir setengah dari jumlah yang diluncurkan pada kuartal sebelumnya.

"Kami akan mengevaluasi segala kemungkinan dan tidak akan sepenuhnya mengesampingkan rencana membangun pabrik di Beijing secara mandiri. Pilihan pertama masih membentuk manufaktur dengan mitra, yang merupakan pemikiran strategis kami yang konsisten," kata Li.

Pasar kendaraan listrik di China merupakan yang terbesar di dunia. Sejumlah pabrikan global pun membangun pabrik di negara Tirai Bambu itu, salah satunya adalah pabrik Tesla di Shanghai.