Mortir peninggalan Belanda ditemukan di Sungai Batanghari

id Mortir belanda,polresta jambi, polda jambi

Mortir peninggalan Belanda ditemukan di Sungai Batanghari

Warga RT03 Kelurahan Legok Kecamatan Telanipura, Kota Jambi menemukan satu buah mortir diduga peninggalan Belanda yang ditemukan di Sungai Batanghari, Jambi. (Antara.jambi/Nanang Mairiadi).

Benda tersebut saat ini diamankan ke Polresta Jambi dan telah dikoordinasikan dengan tim Penjinak bom Brimob Polda Jambi," kata Edionar
Jambi (ANTARA) - Seorang warga di RT03, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, menemukan mortir di dasar Sungai Batanghari, Jambi, saat memancing ikan, benda tersebut diduga peninggalan Belanda saat perang dunia lalu.

Mortir adalah senjata artileri yang diisi dari depan dan menembakkan peluru dengan kecepatan yang rendah, benda itu ditemukan warga sekitar pukul 15.00 WIB, kata Kapolsek Telanaipura, Kompol Edionar, Kamis.

Mortir tersebut pertama kali ditemukan seorang warga bernama Sarbaini yang saat itu bersama kawan-kawannya sedang mancing di sungai Batanghari. Pancingnya saat itu menyangkut di benda tersebut dan diangkatnya ke darat.

Temuannya itu kemudian diberitahukan kepada pengurus RT setempat yang selanjutnya menghubungi pihak Polsek Telanaipura dan langsung mencari lokasi ditemukannya benda tersebut.

Kapolsek mengatakan, saat itu warga yang menemukannya heran karena besi tua itu sempat dibuat mainan namun akhirnya warga meminta untuk menyerahkan kepada polisi.

"Benda tersebut saat ini diamankan ke Polresta Jambi dan telah dikoordinasikan dengan tim Penjinak bom Brimob Polda Jambi," kata Edionar.

Saat ditanya, pihak Polsek belum dapat menyimpulkan apakah benda itu mortir atau bom, yang terpenting dipindahkan dulu ke tempat yang aman, agar tidak terjadi sesuatu.
 
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar