Luhut : Pangeran Saudi ke Indonesia untuk investasi

id Pangeran saudi, aramco, luhut pandjaitan, investasi saudi

Luhut : Pangeran Saudi ke Indonesia untuk investasi

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman tiba di Osaka, Kamis (27/6/2019) untuk mengikuti KTT G20. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan berlangsung pada 28-29 Juni 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva/pras.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Pangeran Mohammad bin Salman (MbS), putra mahkota Arab Saudi akan mengunjungi Indonesia untuk melakukan investasi besar-besaran di Tanah Air.

Luhut menjelaskan rencana tersebut diungkapkan Pangeran Mohammad bin Salman dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi dalam rangkaian KTT G20 di Osaka, akhir pekan lalu.

"Nanti Prince MbS akan datang ke Indonesia tahun ini, tinggal atur bulan. Pas sambil menunggu finalisasi Aramco masuk di Cilacap," katanya di Jakarta, Selasa.

Menurut Luhut, saat ini Aramco dan Pertamina tengah memfinalisasi studi mengenai proyek kilang Cilacap. Keduanya, disebut Luhut, telah menunjuk konsultan independen untuk menentukan valuasi proyek kilang tersebut.

Ia menambahkan, jika jadi menggarap kilang Cilacap, total investasi yang masuk ke Indonesia diperkirakan bisa mencapai 7 miliar dolar AS.

Pangeran MbS, lanjut Luhut, juga menjanjikan untuk segera melakukan investasi besar-besaran ke Indonesia. Hal itu dilakukan atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi dalam Pemilu lalu.

"Prince MbS menjanjikan akan masuk besar-besaran di Indonesia karena melihat terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo yang dinilai kredibel. Dia juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Presiden Jokowi," katanya.

"Raja Salman juga akan membantu nanti dalam banyak hal. Artinya kerja sama Saudi dengan Indonesia itu akan lebih dekat lagi," tambah Luhut.