Calon Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti siap diuji DPR

id Destry Damayanti, LPS

Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti menanggapi pertanyaan pewarta di Jakarta, Kamis (10/1/2019). (ANTARA/Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti mengatakan dirinya sudah mematangkan persiapan guna mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi XI DPR pada 1 Juli 2019, sebagai calon Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia periode 2019 - 2024.

"Insya Allah sejauh ini lancar persiapannya," kata Destry Damayanti saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan sebelumnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, mantan Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Persero Tbk itu mengatakan akan menyiapkan berbagai rencana kebijakan untuk meyakinkan anggota Komisi XI DPR.

Destry sebelumnya menjadi calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo untuk menjadi wakil dari "orang nomor satu" di Bank Sentral, menggantikan MIrza Adityaswara.

Nama Destry mencuat ketika dirinya menjadi Kepala Tim Ekonom Bank Mandiri pada 2011 - 2015. Kiprahnya di industri keuangan semakin menanjak ketika dipercaya menjadi Anggota Komisioner LPS pada 2015.

Nama dari pemegang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia dan Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat ini kian dikenal ketika ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun masa jabatan Mirza Adityaswara akan selesai pada Juli 2019. Mirza, yang merupakan lulusan Universitas Macquarie, Sydney, Australia, dilantik sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) BI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 62/P Tahun 2014.

Keputusan Presiden itu merupakan legalitas untuk penetapan Mirza Adityaswara sebagai DGS BI di periode kedua. Mirza sebelumnya menjabat sebagai DGS BI untuk periode 2013 - 2014.

 

Pewarta :
Editor: Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar