PT KAI Divre IV adakan pengobatan gratis 250 warga Stasiun Candimas

id Pt kai, divre iv, baksos, rail clinic, sapto hartoyo, emir

PT KAI Divre IV adakan pengobatan gratis 250 warga Stasiun Candimas

Petugas PT KAI Divre IV sedang membantu menurunkan warga selesai melaksanakan pemeriksaan kesehatan di Rail Clinic PT KAI. (Antaralampung/ Humas PT KAI Divre IV)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dengan menggunakan rangkaian Rail Clinic bagi warga sekitar bantaran rel kereta api di Stasiun Candimas. 

"Ini merupakan salah satu bentuk CSR PT KAI di bidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel sekaligus bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, menjalin keakraban dan silaturahmi," kata Executive Vice President (EVP) PT KAI Divre IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin, di Lampung Utara, Rabu. 

Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar pinggiran rel sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga pinggir rel.

Selain itu, kegiatan pengobatan gratis ini adalah yang kelima kalinya dari 14 kali yang telah diprogramkan selama tahun 2019.

Ia menjelaskan, bakti sosial yang telah diselenggarakan sejak 2017 tersebut, selain untuk menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan dan dapat dijangkau dengan fasilitas kesehatan barbasis jalan rel, sekaligus untuk mensosialisasikan bahayanya masyarakat yang beraktivitas di sekitar rel.

"Peran serta PT KAI dalam menjaga infrastruktur tidak lepas dari masyarakat. Kita tumbuh atas dukungan masyarakat, sehingga diharapkan saling bersinergi dalam menjaga lingkungan, seperti menjaga rambu-rambu, kabel dan perangkat pendukung gerak kereta api," kata Sulthon.

Sulthon mengatakan, PT KAI Divre IV juga mengajak kerja sama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir. "Buang sampah jangan di rel kereta dan di saluran air yang bisa menyebabkan banjir, sehingga berpotensi gangguan, membuat perjalanan kereta api menjadi terganggu," katanya lagi.

Layanan Rail Clinic PT KAI di antaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium serta pelayanan kefarmasian.

"Undangan kami berikan sebanyak 250 orang yang pembagiannya diserahkan kepada pemerintah desa setempat, tetapi bagi masyarakat yang tidak menerima undangan pun tetap akan kami layani," ujarnya pula.

Selain pengobatan gratis, PT KAI Divre IV juga membagikan kaca mata gratis kepada 30 anak SD di sekitar Stasiun Candimas dan pembagian tas serta merchandise lainnya.