PIALA AFRIKA-Benin tahan imbang 10 pemain Ghana 2-2

id timnas benin,timnas ghana,piala afrika

PIALA AFRIKA-Benin tahan imbang 10 pemain Ghana 2-2

Gelandang tim nasional Benin Mickael Pote merayakan gol keduanya ke gawang Ghana dalam laga penyisihan Grup F Piala Afrika 2019 di Stadion Ismailia, Mesir, Selasa (25/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Benin hanya bisa menahan imbang Ghana 2-2 dalam laga pertama penyisihan Grup F Piala Afrika 2019 di Stadion Ismailia, Mesir, Rabu dini hari WIB, kendati lawannya itu menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain.

Ghana tengah unggul 2-1 ketika bek John Boye menerima kartu kuning kedua pada menit ke-54 dan hal itu cuma bisa dimanfaatkan Benin untuk menyamakan kedudukan lewat gol kedua Mickael Pote, demikian catatan laman resmi turnamen.

Benin sebetulnya berhasil mengejutkan Ghana dengan mencuri keunggulan saat laga baru berjalan dua menit lewat gol pertama Pote saat ia menyelesaikan umpan terobosan dari Cebio Soukou.

Namun, Ghana tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan ketika tembakan kaki kiri Andre Ayew bersarang ke gawang Fabien Farnolle pada menit kesembilan.

Pada menit ke-42 giliran sang adik, Jordan Ayew, yang berhasil mencetak gol untuk membawa Ghana berbalik unggul 2-1 atas Benin, saat ia memanfaatkan umpan terobosan dari Kasim Adams.

Benin mengawali babak kedua dengan mengambil inisiatif serangan, namun sundulan ambisius Pote dari luar kotak penalti menyambut umpan silang Seidou Baraze masih melenceng dari sasaran.

Tim besutan Michael Dussuyer itu lantas mendapat keuntungan ketika Boye menjatuhkan Lumor Agbennenyu dan direspon wasit Youssef Essrayri dengan kartu kuning kedua pada menit ke-54.

Sembilan menit sesudahnya, Benin berhasil menyamakan kedudukan lewat gol kedua Pote yang menyambut umpan Jodel Dossou dengan sepakan kaki kiri.

Gelandang Atletico Madrid Thomas Partey hampir merestorasi keunggulan Ghana pada menit ke-69 namun tembakan jarak jauhnya berhasil ditepis oleh Farnolle.

Benin memperoleh empat peluang lagi sebelum laga usai, namun semuanya tak membuahkan gol penentu kemenangan.

Hasil itu membuat Ghana dan Benin berbagi satu poin dan berbagi posisi kedua klasemen di bawah Kamerun (3) dan di atas Guinea-Bissau (0).

Benin selanjutnya akan menghadapi Guinea-Bissau di laga kedua pada Minggu (30/6) dini hari WIB, setelah Ghana bertemu Kamerun.

Susunan pemain:

Ghana (4-2-3-1): Richard Ofori; Andy Yiadom, Kasim Nuhu, John Boye, Lumor Agbenyenu; Thomas Partey, Mubarak Wakaso; Christian Atsu, Andre Ayew, Thomas Agyepong (Samuel Owusu/Jonathan Mensah); Jordan Ayew
Pelatih: James Kwesi Appiah

Benin (5-4-1): Fabien Farnolle; Seidou Baraze, Moise Adilehou, Khaled Adenon, Olivier Verdon, Emmanuel Imorou; Mickael Pote, Sessi D'almedia (Jodel Dossou), Jordan Adeoti, Cebio Soukou (David Djigla); Steve Mounie
Pelatih: Michel Dussuyer.
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar