Laga perdana Liga 2 Sriwijaya FC kalahkan Perserang 1-0

id sriwijaya fc,sfc,perserang,liga 2,liga 2/2019,pssi,sepak bola,laskar wong kito

Laga perdana Liga 2 Sriwijaya FC kalahkan Perserang 1-0

Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi (dua dari kanan) didamping salah seorang pemain dan jajaran manajemen tim pada konferensi pers seusai pertandingan melawan Peserang di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (22/6). Sriwjaya FC menang atas Perserang 1-0. (Antara News Sumsel/19/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - Klub asal Sumatera Selatan Sriwijaya FC sukses meraih poin penuh pada laga perdana Liga 2/2019 dengan mengalahkan Perserang dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu.

Kemenangan pada laga kandang melawan tim asal Serang, Banten ini berkat gol tunggal dari Yericho Christiantoko pada menit ke-40.

Kedua tim mengawali pertandingan dengan tempo sedang sehingga pergerakan tidak terlalu agresif ke lini pertahanan lawan.

Sriwijaya FC dan Perserang sama-sama kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan di menit awal ini. Tempo pertandingan mulai meningkat ketika laga sudah berlangsung 30 menit.

Tim tamu Perserang justru mendapatkan kesempatan terlebih dahulu dan nyaris membuka keunggulan lima menit jelang turun minum. Peluang menjadi percuma setelah sepakan pemain depan Perserang hanya membentur tiang gawang.

Kejutan dari lawan ini, justru membangkitkan semangat Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC.  

Berawal dari umpang silang Yericho Christiantoko, bola yang gagal disambut pemain depan Sriwijaya FC justru meluncur deras ke gawang Perserang yang dikawal Galih Firmansyah. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah pada menit ke-40, dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Sriwijaya FC yang ingin memperlebar keunggulan dengan memasukkan dua penyerang sekaligus, Monieaga Bagus dan Ahmad Ihwan. Masuknya kedua pemain ini membuat daya serang Sriwijaya FC kian meningkat.

Namun sayang kurang baiknya penyelesaian akhir membuat tak sebiji gol pun tercipta hingga pertandingan usai.

Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi mengatakan dirinya sangat bersyukur atas tiga poin yang diraih pada laga perdana ini. Baginya kemenangan ini merupakan buah kerja keras para pemain meski diakui masih kesulitan dalam membongkar pertahanan lawan sejak awal hingga akhir laga.

"Lapangan juga berpengaruh karena selama ini kita lebih sering latihan di lapangan atletik. Dari kualitas rumput hingga ukuran lapangan. Transisinya juga masih kurang. Tapi keseluruhan cukup bagus," kata Kas Hartadi.

Pelatih Perserang Serang Jaya Hartono menilai performa anak asuhnya tidak terlalu buruk pada laga ini karena mampu menerapkan taktik dan strategi sehingga menyulitkan lawan sepanjang pertandingan.

"Di babak pertama ada beberapa kesalahan, terutama di lini belakang. Dan di babak kedua pemain tampil lebih berani dan mempunyai banyak peluang. Kita baru berkembang di paruh kedua walaupun gagal memaksimalkan peluang," kata Jaya.

Mantan pelatih Persib Bandung ini juga menyoroti kinerja wasit karena ada satu pelanggaran di dalam kontak penalti justru tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran.

Susunan Pemain

Sriwijaya FC : Galih Sudaryono (kiper), Akbar Zakaria, Ambrizal (c), Bruno Casmir, Edy Gunawan, Yericho Christiantoko, Hafit Ibrahim, Risky Dwi Ramadhan, Ryan Wiradinata,Airlangga, dan Yongky Prabowo. Pelatih : Kas Hartadi.

Perserang : Galih Firmansyah (kiper), Idang Novriza Ali (c), Idris Afandi, M Hambali, Yudi Khoeruddin, Didik Ariyanto, Hari Habrian, Ricki Ariansyah, Suandi, Tri Handoko Putro, Wimba Sultan Fanosa. Pelatih Jaya Hartono.