Ini biaya pembuatan SIM C di Polresta Bandarlampung

id SIM, ini biaya pembuatan, di Polresta

Ini biaya pembuatan SIM C di Polresta Bandarlampung

Kasatlantas Polresta Bandarlampung, AKP Reza Khomeini (Antaralampung.com/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Kasatlantas Polresta Bandarlampung, AKP Reza Khomeini menjelaskan untuk biaya pembuatan SIM C kendaraan sepeda motor di Polresta Bandarlampung mencapai sebesar Rp80 ribu.

"Kita hanya terima pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) saja dan biayanya juga dibayarkan di bank yang berada di sebelah," katanya di Bandarlampung, Sabtu.

Reza menjelaskan, selain biaya dari PNBP, untuk pembuatan SIM ada biaya lainnya yang di luar Polresta seperti biaya pemeriksaan kesehatan dan biaya psikologi yang berada di lingkungan Polresta.

"Seperti pemeriksaan kesehatan biayanya Rp25 ribu dan biaya psikologi sebesar Rp100 ribu," kata dia.

Dia menambahkan, masyarakat yang ingin melakukan pembuatan SIM C tidak diwajibkan juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan psikologi di tempat yang berada di lingkungan Polresta.

Hal itu dilakukan agar bisa menghindari dugaan adanya penguatan liar dengan mengatasnamakan pembayaran pemeriksaan kesehatan dan psikologi yang berada di lingkungan Polresta.

"Bawa hasil tes kesehatan dan psikologi dari mana saja kita terima, intinya kami terima dalam bentuk surat dan untuk biayanya itu tergantung Puskesmas atau pun dokter. Kami hanya terima biaya PNBP saja," kata dia lagi.