Copa Amerika, Kolombia jadi tim pertama ke perempat final

id timnas kolombia,timnas qatar,copa america,duvan zapata,copa america 2019

Copa Amerika, Kolombia jadi tim pertama ke perempat final

Penyerang tim nasional Kolombia Duvan Zapata (kanan) merayakan golnya ke gawang Qatar bersama rekannya James Rodriguez dalam laga penyisihan Grup B Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brazil, Rabu (19/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Amanada Perobelli)

Jakarta (ANTARA) - Kolombia menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Copa America 2019 usai menundukkan Qatar 1-0 dalam penyisihan Grup B di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brazil, Kamis pagi WIB.

Penyerang Atalanta Duvan Zapata menjadi pencetak gol semata wayang hanya empat menit menjelang waktu normal usai untuk memastikan kemenangan Kolombia, demikian catatan laman resmi turnamen.

Tim Carlos Queiroz pun kini memuncaki klasemen dengan koleksi enam poin penuh dan menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final, baik sebagai juara maupun runner-up Grup B.

Qatar (1) yang tertahan pada urutan ketiga masih berpeluang lolos jika menjungkalkan Argentina (0) pada laga pamungkas di Arena Gremio, Porto Alegre, Senin dini hari pekan depan.

Kolombia menguasai penuh jalannya pertandingan sejak menit pertama dengan 68 persen pengendalian bola, meski Qatar beberapa kali berusaha menerobos pertahanan mereka.

Babak pertama pertandingan berlangsung membosankan dengan hampir tak ada tembakan tepat sasaran dari kedua tim.

Wasit Alexis Herrera sempat menunjuk titik putih karena menganggap pemain Qatar handball di dalam kotak penalti, namun usai meninjau tayangan ulang VAR ia menganulir keputusannya.

Kolombia baru bisa benar-benar mengancam gawang Qatar pada menit ke-65 lewat tembakan Roger Martinez yang menyasar sudut kanan atas gawang dari sudut sempit, namun bola berhasil ditepis kiper Saad Al Sheeb dan hanya berbuah sepak pojok.

Tekanan terus dilancarkan oleh James Rodriguez dkk hingga akhirnya berhasil melepaskan umpan silang yang disambut dengan sundulan ringan Zapata di muka gawang pada menit ke-86. Kolombia memecah kebuntuan untuk membuka keunggulan 1-0 atas Qatar.

Qatar berusaha mencetak gol balasan tepat pada menit ke-90, namun peluang Abdelkarim Hassan setelah menerima umpan sodoran dari Akram Afif di tepian kotak penalti hanya berakhir menjadi tendangan melenceng.

Pada menit keempat masa injuri, Zapata sebetulnya berpeluang memperbesar kemenangan Kolombia saat ia mengakhiri sebuah serangan balik dan berhadapan langsung dengan Al Sheeb, namun penyelesaiannya malah melebar.

Zapata tentu tak akan begitu menyesali kegagalan ini karena Kolombia tetap berhasil menutup laga dengan 1-0 untuk menghadapi Paraguay pada laga pamungkas Senin 24 Juni mendatang di Arena Fonte Nova, Salvador.

Susunan pemain:

Kolombia (4-3-3): David Ospina; John Medina (Santiago Arias), Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Juan Cuadrado (Radamel Falcao), Wilmar Barrios, Mateus Uribe; James Rodriguez, Duvan Zapata, Roger Martinez (Luis Diaz)
Pelatih: Carlos Queiroz

Qatar (4-4-1-1): Saad Al Sheeb; Pedro Miguel, Bassam Al Rawi, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan; Hassan Al Haydos (Ahmed Moein Doozandeh), Assim Madibo, Boualem Khoukhi, Akram Afif; Abdelaziz Hatim (Karim Boudiaf); Almoez Ali
Pelatih: Felix Sanchez