Hadapi pancaroba Dinkes Bandarlampung imbau warga jaga kebersihan

id Dinas Kesehatan Bandarlampung,Jaga Kebersihan Lingkungan

Hadapi pancaroba Dinkes Bandarlampung imbau warga jaga kebersihan

Ilustrasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung mengimbau warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk mengantisipasi timbulnya berbagai penyakit saat pergantian musim.

"Saat memasuki pancaroba ataupun perubahan musim biasanya berbagai penyakit akan muncul seperti leptospirosis, diare, muntaber, infeksi saluran pernapasan (ispa) dan demam berdarah dengue (DBD)," kata Kadinkes Bandarlampung Edwin Rusli di Bandarlampung, Rabu (19/6).
Baca juga: Wali Kota Bandarlampung tinjau progres SPAM
Menurut dia, cuaca yang tidak menentu akan memicu pelemahan daya tahan tubuh, sebab tubuh sulit beradaptasi dengan perubahan iklim yang berubah-ubah maka masyarakat perlu mengantisipasinya dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Ia pun mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan apabila bepergian dan keluar rumah seperti menggunakan masker bila bermotor dan melewati jalan berdebu dan mencuci tangan sebelum memakan makanan dan lain sebagainya.

Kemudian Edwin juga mengatakan bahwa untuk mengantisipasi penyakit DBD pada musim pancaroba ini pihak Dinkes Bandarlampung telah menyiagakan bubuk abate di semua Puskesmas.

"Kita telah siapkan bubuk abate bagi masyarakat yang memerlukan di setiap Puskesmas di kecamatan untuk menghindari jatuh korban jiwa akibat DBD," kata dia.Baca juga: Wali Kota ajak masyarakat bangun Bandarlampung

Ia menjelaskan bahwa penyebaran jentik nyamuk pembawa penyakit DBD ini dapat ditanggulangi dengan menyebarkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air dalam rumah tangga. Namun menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih adalah hal yang lebih efektif dalam mencegah penyakit-penyakit tersebut.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar