Jambi butuh pemimpin visioner dan antikorupsi

id Kopipede sbut Jambi butuh pemimpin visioner dan anti korupsi

Jambi butuh pemimpin visioner dan antikorupsi

Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede). Kopipede sebut Jambi butuh Pemimpin yang visioner dan antikorupsi. (Antara/HO/Ist)

Jambi ini butuh pemimpin yang visioner, antikorupsi, kreatif membangun daerah dan dapat menempatkan pejabat sesuai dengan kompetensinya,
Jambi (ANTARA) - Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) Provinsi Jambi mengatakan bahwa Jambi membutuhkan pemimpin yang visioner dan antikorupsi.

“Jambi ini butuh pemimpin yang visioner, antikorupsi, kreatif membangun daerah dan dapat menempatkan pejabat sesuai dengan kompetensinya,” kata Ketua Kopipede Provinsi Jambi Mochammad Farisi di Jambi, Senin.

Alasan tersebut dikemukakan oleh Kopiped karena sejauh ini tidak ada perkembangan yang berarti di Provinsi Jambi, bahkan dalam segala hal. Baik dari segi prestasi yang membanggakan, pembangunan infrastruktur hingga Sumber Daya Manusianya terkesan jalan ditempat. Sehingga pemimpin-pemimpin yang memiliki empat karakter tersebut sangat di butuhkan oleh provinsi itu.

Kopipede berharap dengan terpilihnya pemimpin yang memiliki karakter-karakter seperti yang disebutkan tersebut, dalam lima tahun ke depan pasca pemilihan gubernur, Provinsi Jambi akan mampu bersaing dengan provinsi lain, setidaknya dengan provinsi-provinsi di Pulau Sumatra.

Sementara itu, Kopipede didaerah itu turut mendorong tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi untuk dapat mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur pada pemilihan gubernur tahun 2021 di daerah itu. Contohnya seperti kepala daerah yang telah menjabat selama dua periode dan elite-elite politik didaerah itu.

Karena untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur tersebut membutuhkan dukungan 11 kursi anggota DPRD, Kopipede daerah itu memprediksi akan ada tiga sampai empat pasangan calon gubernur yang akan maju dalam pemilihan gubernur tahun 2021 mendatang.

“Semakin banyak calon tentunya akan semakin bagus untuk proses demokrasi kita, karena masyarakat akan mendapatkan pilihan-pilihan yang semakin beragam,” kata Mochammad Farisi.

Saat ini terdapat beberapa nama tokoh yang mencuat di media sosial yang diprediksi oleh masyarakat di provinsi itu akan maju menjadi calon gubernur dalam pemilihan gubernur tahun 2021 mendatang.

Diantara nama-nama tersebut yakni, Walikota Jambi Syarif Fasha, Kapolda Jambi Muchlis AS, Bupati Sarolangun H Cek Endra dan Bupati Kabupaten Merangin Al Haris dan gubernur jambi yang saat ini tengah menjabat Fachrori Umar. Nama-nama tokoh tersebut dalam beberapa pekan terakhir hangat diperbincangkan oleh masyarakat di media sosial facebook, twitter hingga grup-grup whatsAap.