Turki akan balas sanksi AS terkait pembelian rudal S-400

id Rudal S-400, Turki,AS

Turki akan balas sanksi AS terkait pembelian rudal S-400

Peluru kendali antiserangan udara Rusia (Reuters)

Ankara (ANTARA) - Turki akan "melakukan aksi balasan" jika Amerika Serikat menjatuhi sanksi terkait pembelian rudal S-400 buatan Rusia, kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Jumat, menandai langkah terbaru menuju kebuntuan antara sekutu NATO.

"Jika Amerika Serikat mengambil langkah negatif terhadap kami, maka kami juga akan melakukan pembalasan," kata Cavusoglu, saat ditanya mengenai kemungkinan sanksi AS dalam wawancara dengan stasiun TV Turki.

Ankara dan Washington secara terang-terangan berdebat selama berbulan-bulan terkait pembelian sistem rudal S-400 oleh Turki, yang diprediksikan akan dikirim pada awal Juli. Washington mengancam pembelian itu akan memicu sanksi AS. Pihaknya juga melayangkan surat peringatan kepada Ankara yang menyatakan bahwa Ankara akan diusir dari program jet F-35.

Nilai mata uang lira Turki melemah hingga 5,93 terhadap dolar AS seusai pernyataan tersebut, ke level paling rendah dalam dua pekan terakhir.

"Kami yang menentukan masalah S-400. Tidak perduli akan hasilnya nanti, kami tidak akan mundur," kata Cavusoglu, menambahkan tidak mungkin untuk membatalkan pembelian tersebut.

Rudal S-400 tidak kompatibel dengan sistem pertahanan NATO dan Washington mengatakan mereka akan mengkompromikan F-35 miliknya, yang juga akan dibeli oleh Turki.

Turki mengusulkan agar sekutu membentuk kelompok kerja guna menilai dampak rudal S-400, namun pihaknya belum menerima respons dari Amerika Serikat.

Sumber: Reuters