Belgia bawa pulang enam anak yatim piatu anggota ISIS

id Belgia

Belgia bawa pulang enam anak yatim piatu anggota ISIS

Belgia membawa pulang enam anak-anak yatim piatu dari anggota ISIS di Suriah, kata milisi dukungan AS yang menahan ribuan milisi beserta anggota keluarganya pada Kamis malam.

Beirut (ANTARA) - Belgia membawa pulang enam anak-anak yatim piatu dari anggota ISIS di Suriah, kata milisi dukungan AS yang menahan ribuan milisi beserta anggota keluarganya pada Kamis malam.

"Ini harus berlaku bagi pria dan wanita yang berada di kamp-kamp dan penjara kami, tidak hanya anak-anak," cuit Mustafa Bali, juru bicara Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di akun Twitter, mengumumkan langkah Belgia.

Pihaknya mengaku tidak mampu menampung ribuan anggota ISIS beserta keluarga mereka yang menyerah selama melancarkan serangannya.

Banyak dari mereka yang dipenjara atau ditahan di kamp pengungsian yang sesak di Suriah timur laut adalah orang asing dan banyak pendukung yang masih belum bertobat.

Anggota ISIS juga membawa sejumlah besar anak-anak ke zona kendali mereka atau melahirkan bayi yang kini menjadi yatim piatu, melarat atau bahkan tanpa kewarganegaraan, yang masa depannya suram.

SDF memperingatkan bahwa menjaga mereka di timur laut Suriah, lokasi tidak adanya penyelesaian politik jangka panjang untuk mendukung kendalinya atas daerah tersebut merupakan risiko keamanan. Pihaknya menyerukan bantuan dalam mengelola krisis kemanusiaan di kamp-kamp pengungsian.

Sumber: Reuters

 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar