Harga sawit di Mukomuko naik tipis

id EKONOMI,sawit, harga sawit turun, sawit Lampung

Pekerja mengangkut kelapa sawit kedalam truk di Perkebunan sawit di Mesuji raya, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Minggu (9/6/2019). Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) meyakini, bahwa harga kelapa sawit pada tahun ini masih menghadapi berbagai tekanan terutama dampak dari perang dagang AS dan China. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/ama. (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)

Mukomuko (ANTARA) - Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak beberapa hari terakhir mengalami kenaikan berkisar Rp30 hingga Rp50 per per kilogram dibandingkan sebelumnya.

“Harga TBS kelapa sawit naik Rp30 per kg hingga Rp50 kg dibandingkan dengan harga di akhir bulan Ramadhan atau menjelang libur lebaran,” kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapatkan data harga tandan buah segar kelapa sawit dari sebanyak 11 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah ini.

Ia menyebutkan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa kelapa sawit sejak beberapa hari ini mengalami kenaikan setelah sebelumnya harga sawit sebanyak tiga kali mengalami penurunan.

Ia menyebutkan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh PT KSM naik dari sebesar Rp830 per kg menjadi Rp970 per kg. Harga sawit di pabrik PT SSS naik dari sebesar Rp890 per kg menjadi Rp920 per kg.

Kemudian harga sawit di PT KAS naik dari sebesar Rp920 per kg menjadi Rp970 per kh, harga sawit di PT DDP Kecamatan Ipuh dan Desa Lubuk Bento naik masing-masing dari sebesar Rp970 per kg menjadi Rp1.020 per kg.

Lalu harga sawit di PT AMK naik dari sebesar Rp950 per kg menjadi Rp970 per kg, harga sawit di PT BMK naik dari sebesar Rp990 per kg menjadi Rp1.020 per kg, harga sawit di PT SSJA naik dari sebesar 720 per kg menjadi Rp800 per kg.

Sedangkan harga pembelian TBS kelapa sawit oleh sejumlah PMKS sebelum libur lebaran sampai sekarang masih bertahan seperti harga sawit di PT MMIL sebesar Rp930 per kg, harga sawit di PT SAP sebesar Rp960 per kg dan di PT GSS sebesar Rp1.040 per kg.

Ia berharap, harga pembelian tandan buah segar oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya agar ekonomi petani setempat meningkat.

Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar