Palembang masuk nominasi kota kreatif

id Kota kreatif,Umkm,Ekonomi kreatif,Bekraf

Aneka kuliner pempek di Gudang Makanan Palembang (Ist)

Palembang sejauh ini sudah banyak menerima penghargaan, tapi khusus kota kreatif belum pernah. Kami berharap, nanti bisa terpilih
Palembang (ANTARA) - Kota Palembang, Sumatera Selatan, masuk dalam nominasi 10 kota paling kreatif yang diselenggarakan Badan Ekonomi Kreatif  (Bekraf) tahun 2019.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan persiapan menuju empat besar dengan menggelar Focus Grup Discussion (FGD) di Palembang, Rabu (12/6).

FGD ini untuk menyusun dan menyepakati bahan presentasi yang akan dipresentasikan di hadapan dewan juri Bekraf di Jakarta, 18 Juni mendatang.

"Palembang sejauh ini sudah banyak menerima penghargaan, tapi khusus kota kreatif belum pernah. Kami berharap, nanti bisa terpilih," kata Wali Kota Palembang Harnojoyo saat membuka FGD.

Harnojoyo menekankan bahwa masuk empat besar  bukan tujuan utama, karena yang terpenting adalah dampak dari ekonomi kreatif itu sendiri.

"Untuk apa masuk empat besar tapi dampaknya tidak dirasakan oleh masyarakat," kata dia.

Harnojoyo mengatakan saat ini Pemkot Palembang terus mendorong para UKM dan UMKM ekonomi kreatif untuk berkembang dan naik kelas.

Salah satu wujud nyatanya dengan memberikan bantuan pinjaman modal tanpa bunga dan agunan.

"Usaha ekonomi kreatif ini merupakan usaha kecil yang sulit bagi pelakunya untuk membayar bunga. Dengan adanya kemudahan ini diharapkan para pelaku usaha dapat terus bertambah," kata dia.

Deputi Infrastruktur Bekraf  Slamet Aji Pamungkas mengatakan seleksi 10 besar tingkat kabupaten/kota telah dilakukan pada tanggal 23-24 Mei 2019 dengan meloloskan Palembang, Gianyar, Malang, Balikpapan, Surakarta, Rembang, Denpasar, Kukar, Semarang, dan Majalengka.

"Selanjutnya, masing-masing 10 kabupaten/kota yang terpilih ini akan melakukan presentasi dan paparan untuk seleksi empat besar," kata dia.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar