Stok meningkat harga gabah di Lampung turun

id harga gabah petani, survei,harga produsen gabah, badan pusat statistik

Stok meningkat harga gabah di Lampung turun

Kepala BPS Lampung Yeane Irmaningrum memimpin rapat bulanan terkait inflasi di Bandarlampung, Senin (10/6/2019) (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Penurunan harga gabah itu menyusul datangnya musim panen padi sehingga stok gabah meningkat dari bulan sebelumnya
Bandarlampung (ANTARA) - Harga gabah di tingkat petani maupun penggilingan di Lampung, pada Mei 2019 turun dibandingkan bulan sebelumnya.

"Penurunan harga gabah itu menyusul datangnya musim panen padi sehingga stok gabah meningkat dari bulan sebelumnya," kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, Yeane Irmaningrum S, MA di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, penurunan rata-rata harga kelompok kualitas gabah kering panen (GKP) di tingkat petani sebesar 5,11 persen dari Rp.4.147 per kg menjadi Rp3.935/ kg.

Menurut dia, dengan kelompok kualitas yang sama, harga gabah di tingkat penggilingan juga turun sebesar 5,11 persen dari sebelumnya Rp4.237/kg.

Ia menambah Rp.4.800/kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah.

Harga gabah terendah, lanjut dia mencapai Rp3.700/kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Melati, Galur, dan Ciherang terdapat di Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, dan Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

"Harga tersebut sama dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yaitu Rp 3.700 per kilogram," lanjutnya.

Ia menyebutkan tingkat penggilingan, harga gabah tertinggi Rp.4.950/kg pada gabah kualitas GKP dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah.

Sementara, menurut dia harga gabah terendah kelompok kualitas GKP yaitu Rp3.780/kg dengan varietas Melati,Galur, dan Ciherang terdapat di Kecamatan Seputih Raman,Kabupaten Lampung Tengah, dan Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Harga tersebut, lanjut dia berada diatasHPP yaitu Rp3.750 per kg.

Selama Mei 2019, survei harga produsen gabah mencatat 69 observasi. Observasi didominasi oleh kelompok gabah kualitas Gabah Kering Panen (GKP).