Piala UEFA Nations League jadi kado manis Hari Nasional Portugal

id timnas portugal,uefa nations league,presiden portugal,marcelo rebelo de sousa

Piala UEFA Nations League jadi kado manis Hari Nasional Portugal

Kapten tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo disaksikan rekan-rekannya mengangkat trofi UEFA Nations League yang mereka raih usai menundukkan Belanda 1-0 dalam partai final di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Minggu (9/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Portugal berhasil menjuarai UEFA Nations League usai menundukkan Belanda 1-0 dalam partai final di Stadion Dragao, Porto, Senin dini hari WIB, dan trofi tersebut menjadi kado manis bagi negara yang merayakan Hari Nasional tiap 10 Juni.

Dilansir laman resmi UEFA, Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa mengatakan dalam wawancara dengan stasiun Portuguese TV menyebut bahwa keberhasilan tim besutan Fernando Santos membuat perayaan Hari Nasional Portugal terjadi dua jam lebih awal.

"Saya tidak pernah menyangka, menjadi presiden dan menyaksikan dua gelar juara," kata De Sousa merujuk pada gelar Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019.

De Sousa menegaskan bahwa kesuksesan tersebut akan terus terkenang di hati seluruh warga Portugal.

"Ini luar biasa untuk Portugal, keberhasilan ini akan dikenang di hati warga Portugal," kata dia.

"Perayaan Hari Nasional Portugal berlangsung dua jam lebih awal!" serunya menambahkan.

Sebagai informasi pertandingan digelar di Portugal pada Minggu (9/6) malam setempat dan berakhir sekira pukul 22.00 malam.

Hari Nasional Portugal dirayakan setiap 10 Juni, tanggal yang dipilih untuk memperingati hari kematian sastrawan Luis de Camoes.

De Camoes merupakan penggubah Os Lusiadas (Para Lusiad), sebuah puisi sarat nasionalisme yang menggambarkan kebesaran sejarah dan pencapaian bangsa Portugis.