Tiga gol M Rafli warnai kemenangan 5-0 Indonesia atas Filipina

id timnas u23,piala merlion,indra sjafri

Tiga gol M Rafli warnai kemenangan 5-0 Indonesia atas Filipina

Pesepak bola Indonesia U-19 Muhammad Rafli Mursalim (kedua kiri) melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Vietnam U-19 dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (7/7). Indonesia unggul atas Vietnam dengan skor 1-0 dan memastikan Indonesia lolos kebabak semi final. Antara Jatim/Zabur Karuru/18

Jakarta (ANTARA) - Torehan tiga gol penyerang Muhammad Rafli mewarnai kemenangan Indonesia atas Filipina dengan skor 5-0 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Merlion yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, Minggu.

Disaksikan melalui siaran langsung via laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu, gol Muhammad Rafli dicetak di menit keenam, 60 dan 68.

Sementara dua gol lain dihadirkan oleh Rizy Dwi Febrianto (penalti, 47') dan Asnawi Mangkualam Bahar (74').

Kemenangan tersebut membuat Indonesia memastikan diri menjadi tim terbaik ketiga di Piala Merlion 2019.

Muhammad Rafli pun untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak turnamen.

Juara Piala Merlion 2019 ditentukan di laga final yang mempertemukan Thailand dan tuan rumah Singapura, yang bakal berlangsung mulai pukul 18.30 WIB.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas U-23 Indonesia Indra Sjafri hanya mempertahankan tiga pemain dari laga sebelumnya kontra Thailand yaitu kapten Andy Setyo, Gian Zola dan Feby Eka Putra.

Indonesia pun mendominasi pertandingan sejak menit pertama. Skuat berjuluk Garuda Muda terus menekan pertahanan lawan dan meraih gol cepat di menit keenam melalui kaki Muhammad Rafli.

Rafli berhasil memanfaatkan dengan sempurna umpan silang dari Sani Rizki Fauzi.

Unggul 1-0 tidak membuat Indonesia mengendurkan serangan. Gian Zola bahkan sempat mencetak gol di menit ke-32, tetapi dianulir oleh wasit karena menganggap bola terlebih dahulu keluar dari lapangan pertandingan sebelum diumpan oleh Feby Eka ke Gian.

Gian Zola kembali membuat peluang di menit ke-42. Sayang, sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti hanya menghantam mistar gawang.

Skor 1-0 bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Dua menit paruh kedua dimulai, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat gol penalti Rizky Dwi Febrianto.

Skuat Garuda Muda semakin 'beringas' dan menciptakan tiga gol susulan setelahnya.

Muhammad Rafli melesakkan bola ke gawang di menit ke-60, berkat umpan Yakob Sayuri.

Penyerang klub Arema FC berusia 20 tahun itu lalu melengkapi catatan trigolnya dengan gol di menit ke-68.

Bek kanan Asnawi Mangkualam Bahar mengunci skor menjadi 5-0 berkat golnya di menit ke-74 memanfaatkan bola pantul dari kiper Filipina Alexandre Arcilla.

Kedudukan 5-0 untuk kemenangan Indonesia tidak berubah sampai pertandingan berakhir.

Berikut susunan pemain inti kedua tim.

Timnas U-23 Indonesia: Rifad Marasabessy-pg, Andy Setyo (kapten), Nurhidayat Haji Haris, Rizky Dwi Febrianto, Rachmat Irianto, Sani Riski, Gian Zola, Feby Eka, Muhammad Rafli, Witan Sulaiman.

Timnas U-23 Filipina: Alexandre Arcilla-pg, Viejay Frigilland, Dylan de Bruycker, Javier Gayoso, Jose Clarino (kapten), Ray Sanciangco, John Saldivar, Shanden Vergara, Joshua Broce, Roland Saavedra, Wiliam Grierson.