ASDP: Kepadatan arus mudik Lebaran 2019 meningkat 40 persen

id Arus mudik di Lampung, Arus balik di jalinsum Lampung, jalinsum , Ramadhan 2019 di Lampung, Lebaran 2019 di Lampung, emir

ASDP: Kepadatan arus mudik Lebaran 2019 meningkat 40 persen

Ratusan kendaraan memadati Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan yang ingin pulang ke daerah masing-masing usai Idul Fitri 1440 Hijriah/tahun 2019. (Antaralampung/Emir F Saputra)

Kalianda (ANTARA) - Arus balik penumpang usai Lebaran 2019 hingga Minggu sore di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dipadati pemudik asal Pulau Sumatera tujuan Jawa.

"Antrean panjang di loket pejalan kaki dan kendaraan sejak pagi belum dapat terurai, arus balik tahun ini merupakan sejarah baru karena mengalami peningkatan hingga 40 persen dibanding tahun lalu," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, di Kalianda, Minggu
 
Menurutnya, pemudik pejalan kaki pada puncak arus balik Minggu ini masih terus berdatangan dari berbagai wilayah Pulau Sumatera.
 
Selain itu, kepadatan di loket penumpang pejalan kaki sejak pagi hingga kini belum dapat terurai. Selain di loket, kepadatan juga terjadi di gang way. ribuan penumpang kapal rela berdesakan untuk dapat masuk ke dalam kapal.
 
"Berdasarkan data ASDP, angkutan mudik Lebaran 2019 pada hari ini mengalami peningkatan 900 jiwa lebih dibanding hari kemarin. Dari 14 ribu menjadi 23 ribu lebih, sementara yang belum kembali sekitar 80 ribu orang," katanya pula.
 
Ia menyebutkan, pemudik kendaraan roda empat mengalami peningkatan delapan ribu unit dibanding hari kemarin. sehingga hal ini memicu kemacetan yang cukup panjang.

Kondisi serupa juga terjadi pada kendaraan roda dua yang naik 7.500 unit per hari dibanding hari kemarin. Jika dibandingkan hari biasa, peningkatan mencapai 600 persen, dan hingga kini masih ada sekitar 60 ribu unit roda dua dan empat yang belum kembali ke Pulau Jawa.
 
Menurut Dirut ASDP Indonesia Ferry, arus balik tahun ini merupakan sejarah baru dengan pola tren yang sangat berbeda dengan tahun lalu. Biasanya puncak arus balik terjadi pada H+3 hingga H+5, namun kini terjadi pada H+2, disebabkan hari Senin (10/6) besok aktivitas pabrik sudah dimulai dan antusiasme warga untuk melalui Jalan Tol Trans Sumatera sangat tinggi, jika dibandingkan dengan H+4 Lebaran tahun lalu dan H+4 tahun ini, arus balik meningkat 40 persen.
 
Pihak ASDP mengaku akan mempelajari arus mudik tahun ini dan menjadi evaluasi agar pelayanan pada arus balik Lebaran tahun depat dapat berjalan dengan maksimal.