Jumlah pemudik baru 20 persen yang kembali ke Jawa via Bakauheni

id Arus mudik di Lampung, Arus balik di jalinsum Lampung, jalinsum , Ramadhan 2019 di Lampung, Lebaran 2019 di Lampung, emir

Jumlah pemudik baru 20 persen yang kembali ke Jawa via Bakauheni

Kendaraan roda empat memadati pintu masuk ke Pelabuhan Bakauheni untuk melakukan penyebrangan ke pulau Jawa ( Antaralampung/Ardiansyah)

Kalianda (ANTARA) - Humas PT. ASDP Cabang Bakauheni, Lampung Saifulahil Maslul mengatakan, arus balik pada H+2 Lebaran ini baru sekitar 20 persen lebih kendaraan yang kembali menyeberang ke Pulau Jawa, sedangkan sisanya diprediksi pada H+4 atau Minggu. 

“Iya kendaraan yang baru menyeberang dari H+1 sampai H+2 ini baru 20 persen, dan diprediksi akan terjadi pada esok hari atau H+3,” kata Saiful, di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Sabtu malam. 

Menurutnya, pada H+2 ini sekitar 15.000 kendaraan sudah melintas jalan tol dan semuanya menuju ke Pelabuban Bakauheni, bila dilihat dari jumlah kendaraan yang ke luar dari gerbang tol Bakauheni Selatan, berarti sekitar 15 ribu lebih yang sudah diberangkatkan ke Pelabuhan Merak Banten. 

Selain itu, pada arus mudik jumlah penumpang dan kendaraan yang berhasil diseberangkan yaitu 248.130 ribu pemudik, bila dikurang 20 persen berarti masih ada sekitar 198.504 pemudik yang belum kembali. 

“Biasanya pada musim arus mudik ini, para pemudik akan mengajak sanak saudara untuk merantau ke ibu kota. Jadi jumlahnya bisa bertambah,” katanya