Pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni disesaki kendaraan pemudik

id Arus Balik Lebaram,Arus Balik 2019,Arus Balik Pelabuhan Bakau

Pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni disesaki kendaraan pemudik

Antrean kendaraan membeludak pada pintu masuk ke Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat, (7/6/2019). (Antaralampung.com/Ardiansyah)

Bandarlampung (ANTARA) - Arus balik Lebaran 2019 pada H+3 terjadi kemacetan arus kendaraan di pintu masuk ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat.

Jalan menuju pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dipadati kendaraan yang mengantre.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengatakan bahwa pihaknya sudah mendata terjadi lonjakan kendaraan pemudik pada arus balik Lebaran hari ini.

"Kami sudah pantau, memang jumlah kendaraan mengalami lonjakan pada H+3 Lebaran ini. Terpantau lonjakan naik secara signifikan," ujar Ira Puspadewi.

Menurut dia, lonjakan kendaraan biasanya terjadi pada H+4 Lebaran. Namun, dengan adanya lonjakan kendaraan itu, dia mengingatkan kepada masyarakat agar memperhatikan kartu nontunai dan KTP elektronik.

"Kalau mereka menyiapkan keduanya, Insya Allah bisa cepat melewati pintu penyeberangan. Itu juga untuk mengantisipasi kemacetan," ujarnya lagi.

Pihaknya mengklaim bahwa volume kendaraan roda empat meningkat mencapai angka 12 persen.

Salah seorang pemudik Farhan menyatakan bahwa lonjakan kendaraan saat arus balik ini berdampak pada kemacetan pada jalur biasa dan jalur tol dan pintu masuk ke pelabuhan.

"Saya sudah tunggu satu jam. Macetnya hingga Ada 3 kilometeran dari jalur biasa. Kalau dari tol, paling satu kilometer aja," katanya pula.

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP M Kasyfi Mahardika saat ditanyakan panjang kemacetan yang terjadi enggan memberikan jawaban.

"Kalau mau nanya itu, saya nggak bisa paparkan. Nanti kalau mau tanya jawab ke Pak Kapolres saja," kata dia pula.