KA lakukan perbaikan penjualan tiket

id Arus mudik di Lampung, Arus balik di jalinsum Lampung, jalinsum , Ramadhan 2019 di Lampung, Lebaran 2019 di Lampung

KA lakukan perbaikan penjualan tiket

Manager Humas PT KAI Divisi Regional (Divre) IV Tanjung Karang Sapto Hartoyo (Foto : Antaralampung/Emir Fajar Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - PT KAI melakukan perbaikan sistem penjualan dan pemesanan tiket untuk memungkinkan tiket kereta api jarak jauh dan menengah pada keberangkatan mulai  Agustus dan seterusnya sudah bisa dibeli melalui jalur pemesanan. 

“Pemesanan untuk keberangkatan 1 Agustus dan seterusnya baru bisa dilayani pada 1 Juli 2019. Jadi penumpang bisa lebih mempermudah konsumen dan  masyarakat yang ingin memesannya,” kata Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Sapto Hartoyo, di Bandarlampung, Senin 

Menurutnya, penyesuaian selanjutnya yakni proses pembatalan tiket pada tanggal 1-31 Juli 2019 hanya bisa dilakukan secara manual di loket stasiun pembatala, dan pengambilan bea atas transaksi pembatalan tersebut hanya dapat dilakukan secara tunai pada 30 hari setelah tanggal pembatalan.
 
“Untuk proses ubah jadwal tiket (reschedule) dengan tanggal keberangkatan tanggal 1 Agustus 2019 dan seterusnya hanya bisa dilakukan di loket stasiun,” kata Sapto.
 
Ia menjaskan, KAI menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanannya. KAI berharap perbaikan sistem tiket ini ke depan akan semakin lancar dan memudahkan penumpang dalam hal pemesanan tiket.

Sementara itu, mulai tanggal 28 Mei 2019, KAI menambah layanan untuk penumpang KA Lokal yang melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access. Kini, pembelian tiket KA Lokal di KAI Access bisa untuk 4 penumpang, dimana sebelumnya pembelian tiket KA Lokal melalui KAI Access hanya bisa untuk 1 penumpang.

“Banyak keuntungan yang bisa didapatkan masyarakat jika membeli tiket KA melalui aplikasi KAI Access. Antara lain, mereka tidak perlu mengantre di stasiun. Selain itu, pemesanan tiket via KAI Access tak akan dikenakan biaya pemesanan (Rp7.500). Yang spesial, calon penumpang juga tak perlu cetak boarding pass karena di aplikasi tersebut sudah terdapat e-Boarding Pass yang bisa langsung di-scan oleh petugas,” katanya.