Demi lingkungan hidup, Slovenia batalkan rencana pembuatan PLTA air

id Slovenia,Pembatalan PLTA,Sungai Mura,Lindungi lingkungan hidup

Demi lingkungan hidup, Slovenia batalkan rencana pembuatan PLTA air

Satu angsa di Danau Bled, Slovenia. Kebijakan lingkungan hidup agresif Slovenia berhasil menciptakan kawasan lindung besar di darat dan laut. (Reuters)

Ljubljana (ANTARA) - Slovenia pada Kamis membatalkan rencana untuk membuat pembangkit listrik tenaga air di Sungai Mura, setelah upaya yang telah lama dilancarkan untuk melindungi lingkungan hidup oleh warga lokal dan kelompok masyarakat sipil.

"Persiapan ... bagi pembuatan pembangkit listrik tenaga air dihentikan demi perlindungan lingkungan hidup ... Kami memenuhi kewajiban kami dari kesepakatan koalisi bahwa takkan ada pembangkit listrik tenaga air di Sungai Mura (di bagian Slovenia)," kata Menteri Lingkungan Hidup Simon Zajc setelah sidang rutin pemerintah.

Rencana untuk membuat pembangkit listrik tenaga air di Mura, di bagian timur negeri itu, diajukan pada 2005 tapi tak ada yang dibangun setelah pemrotes melobi untuk menentang rencana tersebut, kata Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis malam. Pemrotes mengatakan pembuatan pembangkit listrik itu akan merusak lingkungan hidup lokal dan keragaman hayatinya, yang berlimpah.

Kelima pihak pemerintah koalisi kiri-tengah menandatangani kesepakatan pada Agustus, setelah pemilihan umum pada Juni. Di dalam kesepakatan tersebut, mereka mengatakan mereka akan melindungi Sungai Mura dan takkan membangun pembangkit listrik tenaga air di sana sementara pembangkit listrik lain tenaga air akan dibangun di Sungai Terbesar di Slovenia, Sava.

Sumber: Reuters