Basarnas Lampung terjunkan 94 personel amankan arus mudik Lebaran

id Basarnas lampung siagakan, 94 personel, arus mudik

Basarnas Lampung terjunkan 94 personel amankan arus mudik Lebaran

Kendaraan yang akan digunakan Basarnas Lampung dalam siaga arus mudik dan balik tahun 2019 (Antaralampung.com/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung menerjunkan sebanyak 94 personel untuk siaga khusus arus mudik dan balik Lebaran  2019  di beberapa titik posko.

"Kita tempatkan di delapan wilayah dengan 94 personel untuk siaga pada arus mudik dan balik," kata Kepala Basarnas Lampung, Jumaril di Lampung Selatan, Senin.

Ia menjelaskan delapan wilayah yang akan disiagakan personel Basarnas Lampung diantaranya di Kantor SAR Lampung, Pelabuhan Bakauheni, Pantai Ketapang, Bandara Radin Inten II, Pelabuhan Panjang, objek wisata Pantai Ketapang-Sari Singgung, Dermaga Kota Agung, dan Jalan Tol Trans Sumatera, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Menurut dia, dari 94 personel itu, sebanyak 27 diantaranya di Kantor SAR Lampung, 25 Pelabuhan Bakauheni, enam Pantai Ketapang, dua Bandara Radin Inten II, enam Pelabuhan Panjang, enam objek wisata Pantai Ketapang-Sari Singgung, 10 Dermaga Kota Agung, dan 12 di Jalan Tol Trans Sumatera.

Ia menjelaskan, siaga khusus arus mudik dan balik akan dimulai  tanggal 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

Jumaril juga memprediksi puncak arus mudik dan balik terjadi pada tanggal 1, 2, 8, dan 9 Juni 2019.

Kepala Basarnas Lampung itu menjelaskan, tujuan dari siaga khusus arus mudik dan balik tersebut untuk menyelenggarakan siaga SAR di wilayah kerja Kantor SAR Lampung terkait kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan jiwa dan lainnya pada hari libur Lebaran.

"Kemudian agar terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait seperti TNI-Polri, dinas perhubungan, dan pemerintah daerah setempat," tambahnya.