Sejak 111 tahun berdiri, Atalanta cetak sejarah lolos ke Liga Champions

id atalanta,sassuolo,liga italia,liga champions

Penyerang Atalanta Duvan Zapata merayakan golnya ke gawang Sassuolo dalam laga pekan pamungkas Liga Italia di Stadion MAPEI, Reggio Emilia, Italia, Minggu (26/5/2019) setempat. (twitter.com/Atalanta_BC)

Jakarta (ANTARA) - Atalanta mencetak sejarah setelah untuk pertama kalinya lolos ke Liga Champions sejak 111 tahun berdiri usai menempati peringkat ketiga klasemen akhir Liga Italia.

Tim besutan Gian Piero Gasperini itu mengumpulkan 69 poin dengan mengalahkan Sassuolo 3-1 dalam laga pekan pamungkas Liga Italia di Stadion MAPEI, Reggio Emilia, Minggu dini hari WIB.

Gol-gol Duvan Zapata, Alejandro Gomez dan Mario Pasalic jadi penyokong kebangkitan Atalanta untuk memenangi laga setelah tertinggal lebih dulu akibat gol Domenico Berardi.

Berardi jadi satu dari dua pemain Sassuolo yang diusir wasit Daniele Doveri bersama Francesco Magnanelli sehingga pasukan Roberto De Zerbi itu harus menyelesaikan pertandingan dengan sembilan pemain.

Sassuolo sempat membuat peluang Atalanta lolos ke Liga Champions terancam ketika mencuri keunggulan lewat sepakan kaki kanan Berardi untuk menyelesaikan umpan Alfred Duncan pada menit ke-18.

Namun, Atalanta tak putus asa karena gol itu dan menyamakan kedudukan pada menit ke-34 lewat gol Zapata yang melakukan sontekan jarak dekat dalam situasi sepak pojok.

Pada masa injury babak pertama, insiden sebelum  tendangan bebas di dalam kotak penalti Sassuolo ketika Marten de Roon terjatuh dan kemudian Berardi terlibat perseteruan yang membuat seluruh pemain bahkan staf pelatih kedua tim memasuki lapangan.

Wasit Daniele Doveri merespon insiden itu dengan kartu merah untuk Berardi serta kartu kuning bagi Magnanelli dan De Roon.

Ketimpangan jumlah pemain dimanfaatkan Atalanta untuk berbalik memimpin 2-1 pada tujuh menit memasuki babak kedua lewat tembakan Gomez yang menyambar bola muntah hasil tembakan Josip Ilicic.

Atalanta kian menjauh dari kejaran Sassuolo ketika Pasalic, yang baru tiga menit merumput menggantikan Andrea Masiello, menanduk umpan silang Gomez untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1 pada menit ke-64.

Ketika Atalanta kian nyaman menjaga keunggulan, Sassuolo malah harus kehilangan satu pemain lagi ketika Magnanelli menerima kartu kuning kedua pada menit ke-82.

Skor 3-1 bertahan hingga laga usai dan Atalanta mencetak rekor baru yakni mencapai Liga Champions dalam sejarah 111 tahun klub asal kota Bergamo tersebut.
Susunan pemain:

Atalanta (3-4-1-2): Pierluigi Gollini (Francesco Rossi); Berat Djimsiti, Jose Palomino, Andrea Masiello (Mario Pasalic); Timothy Castagne, Marten de Roon, Remo Freuler, Robin Gosens; Alejandro Gomez (Gianluca Mancini); Josip Ilicic, Duvan Zapata
Pelatih: Gian Piero Gasperini

Sassuolo (4-3-3): Gianluca Pegolo; Pol Lirola (Giacomo Rapspadori), Merih Demiral, Gianmarco Ferrari, Rogerio; Mehdi Bourabia, Francesco Magnanelli, Alfred Duncan; Domenico Berardi, Manuel Locatelli (Filip Djuricic), Jeremie Boga (Leonardo Sernicola)
Pelatih: Roberto De Zerbi
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar