BKKBN harus kreatif informasikan program kerja

id bkkbn,palangkaraya

BKKBN harus kreatif informasikan program kerja

Plt Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI) Ratna Juita Razak (kanan). (Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Plt Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI) Ratna Juita Razak meminta bidang hubungan masyarakat BKKBN di daerah semakin kreatif menyajikan informasi program kerja instansi kepada masyarakat.

"Humas harus kreatif memilih dan menentukan konten yang akan di sajikan ke publik. Tidak perlu formal tetapi kekinian dan dibuat semenarik mungkin, sesuai sasaran yang dituju," kata Ratna di Palangka Raya, Sabtu.

Menurut wanita berhijab itu, konten yang dibuat menarik dan ringan lebih tepat dan mendapat respon yang baik bagi masyarakat dibanding informasi yang disampaikan secara formal terus menerus. Hendaknya menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang masuk era digital, maka humas harus bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Termasuk saat ini yang masuk bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, konten dan program yang akan disebarkan juga harus dikemas sedemikian rupa agar menarik minat masyarakat untuk mengetahui lebih dalam informasi yang akan disajikan.

Pertemuan forum koordinasi kehumasan itu bertema Melalui Forum Koordinasi Kehumasan Kita Tingkatkan Reputasi Institusi dan Program KKBPK yang dilaksanakan di Kantor BKKBN Perwakilan Kalimantan Tengah, di Palangka Raya, Jumat (24/5). Acara itu selain dihadiri pegawai BKKBN Kalteng juga dihadiri sejumlah awak media di Kota Palangka Raya.

"Media memiliki peran dalam upaya reformasi birokrasi sehingga kita harus selalu menjalin kerja sama dan kemitraan dengan media massa yang memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi. Humas harus menjalin kerja sama tetapi juga harus menerima kritik sebagai bahan masukan dan evaluasi program kerja," katanya.

Sementara itu Plt. Kepala BKKBN Kalteng, Satyawati Wijayakusuma mengatakan peran humas bukan hanya menyampaikan informasi tetapi memiliki peran strategis dan penting dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok dan penunjang kesuksesan organisasi.

"Selain dengan humas, kami juga berharap media massa dapat semakin menyukseskan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui berita atau informasi yang disajikan," katanya.*

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar