Susuri JTTS, Hutama Karya pastikan tol Lampung-Palembang siap digunakan

id Jalan tol trans sumatra, lampung, palembang

Direktur Utama HM Bintang Perbowo (Foto: Antaralampung/ Humas Hutama Karya)

Babdarlampung (ANTARA) - Menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah/tahun 2019, PT Hutama Karya (Persero) memastikan kesiapan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) untuk dilalui pemudik, salah satunya ruas tol dari Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Palembang (Sumatera Selatan).

"Kami melakukan kegiatan penyusuran Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang dikelola oleh PT HK," ujar Direktur Utama Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo, di Bandarlampung, Selasa. 

Menurutnya, penyusuran JTTS ini dilakukan untuk meninjau kesiapan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang sebelum nanti dilalui oleh para pemudik. 

"Saat ini kami sedang memastikan bahwa Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Palembang memang benar-benar siap untuk dilalui oleh para pemudik. Nanti ada yang operasional yaitu tol Bakauheni-Terbanggi Besar, dan juga ada yang akan kami fungsionalkan yaitu dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung," kata Bintang pula.

Ia menjelaskan, hingga saat ini progres pekerjaan konstruksi ruas tol dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung sudah lebih dari 95 persen, sehingga sudah siap difungsionalkan dengan kondisi seluruhnya perkerasan beton/rigid dan flexible pavement. Tempat istirahat (rest area) sementara juga telah dibangun.

"Rambu sudah terpenuhi dan tempat istirahat sementara (TIS) sudah kami bangun. Progresnya sudah 80 persen," ujarnya lagi.

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya (Persero) Agung Fajarwanto menjelaskan bahwa dengan difungsionalkan ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung dan Kayu Agung-Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada) menandakan bahwa pada arus mudik Lebaran 2019, pemudik sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Palembang melalui jalan tol sepanjang kurang lebih 361,06 km.

"Jalur ini terdiri dari ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi penuh sepanjang 140 km, dan juga ruas lain yang masih fungsional yaitu ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 99 km, Ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 87 km, dan ruas Kayu Agung-Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada) sepanjang 34 km," kata Fajar pula. 

Peninjauam ini dilakukan bersama Komisaris PT Hutama Karya (Persero) Adityawarman dan Musyafak serta Direktur Operasi I HK Bambang Pramusinto. Turut mendampingi pula Sekretaris Perusahaan HK M. Fauzan; Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) HK J Aries Dewantoro dan Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) HK Agung Fajarwanto.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar