Saksi mata: Awal api membakar kantor Pemkab Pringsewu berasal dari AC

id Pemkab, kebakaran, ac

Saksi mata: Awal api membakar kantor Pemkab Pringsewu berasal dari AC

Kantor Pemkab Pringsewu, Provinsi Lampung terbakar pada Selasa (21/5) , sekitar pukul 11.30 WIB. (Antaralampung.com/screenshot)

Bandarlampung (ANTARA) - Seluruh isi ruangan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu, Provinsi Lampung yang ditempati Wakil Bupati Pringsewu Dr Fauzi hangus terbakar, Selasa, sekitar pukul 11.45 WIB. Diduga api berawal dari pendingin ruangan (AC) setempat.

"Seluruh isi di ruangan Wakil Bupati Pringsewu hangus terbakar," kata Sespri Wakil Bupati Pringsewu, Sri Mulyati, di Pringsewu, Selasa.

Sri melanjutkan, api pertama kali berasal dari AC tengah di ruangan tunggu Wakil Bupati yang kemudian menjalar ke gorden dan sofa. Setelah melihat itu, Sri kemudian memanggil saksi Anggi Fadjar yang juga Sespri Wakil Bupati Pringsewu.

"Kemudian kami mengambil racun api, namun saat disemprotkan api justru membesar. Melihat api nambah besar, kemudian kami semua keluar ruangan dan meminta tolong," kata dia lagi.

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad mengatakan hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut sampai menunggu hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) oleh Unit Reskrim Polres Tanggamus.

"Sedang diselidiki oleh petugas, yang jelas kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Pandra.

Menurut Pandra, angin kencang menjadi kendala sehingga api dengan mudah membesar menjalar ke ruangan. Beruntung Api sudah bisa dipadamkan dengan bantuan tiga unit mobil pemadam kebakaran, sehingga saat ini telah tertangani.

"Telah dilakukan pemadaman bantuan dari BPBD Kabupaten Tanggamus satu unit, Pesawaran satu unit, dan Kota Bandarlampung satu unit. Selanjutnya dilakukan proses pendinginan," katanya pula.