Tips dari Polda Lampung mudik aman saat menggunakan kendaraan

id Polda, tips, mudik

Tips dari Polda Lampung mudik aman saat menggunakan kendaraan

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad (Damiri/Antaralampung.com)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad memberikan tips untuk masyarakat agar aman dan selamat dalam melakukan perjalanan arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

"Yang paling pertama sekali adalah siapkan kendaraan apa yang akan kita gunakan," kata dia di Bandarlampung, Senin.

Pandra melanjutkan setelah menentukan jenis kendaraan yang akan digunakan untuk mudik dan balik kemudian melakukan pengecekan seperti roda, mesin, oli, rem, ban serep, dongkrak.

"Jangan lupa juga menyiapkan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3)," katanya.

Bagi pengemudi baik yang menggunakan sepeda motor maupun kendaraan mobil diharuskan juga dalam keadaan sehat jasmani dan rohani baik dari pengemudinya dan penumpangnya.

Pengemudi baik penumpang juga diwajibkan menggunakan alat pengaman seperti sit belt, helm standar nasional Indonesia (SNI), patuhi rambu lalulintas, dan memperhatikan kecepatan.

"Jangan lupa juga membawa pembekalan makanan yang dibutuhkan dan membawa identitas diri dan kendaraan. Tidak perlu dipaksakan saat lelah mengemudi dan segera mencari tempat istirahat yang aman dan telah disiapkan seperti posko-posko," kata dia.