Gubernur Lampung Resmikan RSUDAM

id gubernur lampung, resmikan RSDUAM jadi kelas A

Gubernur Lampung Resmikan RSUDAM

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo pada peresmian Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung sebagai rumah sakit kelas A. (Antara Lampung/HO)

Berapapun anggarannya saya penuhi, dengan syarat kualitas pelayanan serta sumber daya manusianya harus ditingkatkan. Karena RSUDAM adalah benteng terakhir kesehatan, ujarnya
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung sebagai rumah sakit kelas A.

"Mendapatkan predikat sebagai RS kelas A adalah hal yang sangat membanggakan dan di luar dugaan," kata Ridho, di Bandarlampung, Rabu.

Peresmian tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI No: HK. 02.02/1/187S/2019 tentang Izin Operasional Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Lampung sebagai RSU Kelas A yang dikeluarkan pada 13 Mei 2019 yang lalu.

Ia mengatakan bahwa dipenuhinya semua kebutuhan RSUDAM bukan tanpa syarat.

"Berapapun anggarannya saya penuhi, dengan syarat kualitas pelayanan serta sumber daya manusianya harus ditingkatkan. Karena RSUDAM adalah benteng terakhir kesehatan," ujarnya.

Selain meresmikan RSUDAM sebagai RS kelas A, Gubernur Ridho juga menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian pembangunan gedung rawat inap kelas satu, gedung instalasi ambulan dan kesehatan lingkungan.

Kemudian, gedung SMF anestesi, gedung CSSD (Central Steril Supply Departement), dan gedung IGD yang dibangun pada tahun 2018 dan telah dioperasionalkan.

Gubernur juga menandatangani prasasti peletakan batu pertama untuk pembangunan Mahan Munyai B, gedung forensik, gedung rawat pelayanan paru, gedung pelayanan nonbedah, gedung pelayanan penyakit syaraf, dan pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Ekonomi Kesehatan dr H. M. Subuh MPPM mewakili Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan bahwa dari 2.270 rumah sakit di Indonesia, hanya kurang dari lima persen yang memiliki status kelas A, dan RSUDAM ini adalah RS kelas A kedua di Sumatera setelah Medan, Sumatera Utara.

"Dengan predikatnya sebagai Rumah Sakit Kelas A, saya yakin RSUDAM dapat memberikan pelayanan yang terbaik, bukan hanya untuk masyarakat Lampung, tapi juga untuk masyarakat di luar Lampung," ujarnya

"Tentu saja ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan, dan tentu orang akan ingat, bahwa RSUDAM dapat menjadi seperti ini berkat dukungan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo," ujarnya.

Sementara, Direktur Utama RSUDAM Hery Djoko Subandriyo juga turut mengucap rasa syukur serta terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang telah begitu besar memberikan dukungan terhadap bidang kesehatan.

"Total ada sekitar Rp650 miliar anggaran yang telah digelontorkan oleh gubernur untuk pembangunan gedung dan peralatan kesehatan. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang profesional dan terpadu," pungkasnya.