Objek wisata menarik bagi pemudik di sepanjang Jalinsum Mukomuko

id Kabupaten mukomuko,jalan lintas sumatera

Danau Nibung merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Ujung Padang, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Letak Danau Nibung masih dalam kawasan Kantor Bupati dan pengunjung bisa dengan mudah ke lokasi baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. (ANTARA/Susmayani)

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memperkenalkan sejumlah tempat wisata yang menarik di daerah tersebut yang dapat disinggahi dan menjadi tempat beristirahat bagi pemudik Lebaran yang melintas di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah tersebut.

“Tempat wisata sepanjang Jalinsum daerah ini, yakni pantai. Tempat wisata ini menarik karena pasir putih, selain itu masih banyaknya pohon cemara berukuran besar sehingga memunculkan kesan alami pada pantai ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu Apriansyah di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, sejumlah objek wisata pantai yang masih alami ini yakni pantai di Kecamatan Air Rami lalu pantai Batu Kumbang di Desa Pulau Baru, kemudian pantai Air Punggur dan pantai Kecamatan Kota Mukomuko.

Menurut  dia, sejumlah pantai dengan pasir putih dan pohon cemara besar ini tidak asing lagi bagi warga di daerah ini karena pantai sepanjang Jalinsum daerah ini rutin dipakai sebagai lokasi hiburan rakyat saat Lebaran.

Selain itu, sejumlah pantai di daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu ini juga menjadi lokasi liburan akhir pekan bagi warga masyarakat dari dan luar daerah.

Sejumlah pantai di daerah ini tidak hanya menarik karena suasananya yang masih alami, tetapi sejumlah tempat wisata pantai di daerah ini menjadi objek wisata penangkaran penyu.

Sejumlah masyarakat di Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh sejak beberapa tahun terakhir melakukan aktivitas konservasi dan penangkaran penyu di objek wisata pantai Batu Kumbang.

Selain itu, ia mengatakan, daerah ini juga memiliki pantai abrasi Air Punggur sepanjang Jalan Lintas Sumatera di Kecamatan Kota Mukomuko yang telah dilengkapi dengan bangunan pengaman pantai.

Lokasi ini sangat cocok bagi pemudik Lebaran yang ingin beristirahat sambil menunggu matahari terbenam.

Ia menyebutkan sebanyak 42 objek wisata terdapat di daerah ini. Dan seluruh objek wisata alam dan buatan ini memerlukan kepastian hukum untuk pengembangannnya.


Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar