BI Lampung siapkan uang pecahan hampir Rp5 triliun

id bi lampung, penukaran uang, 5 triliun

BI Lampung siapkan uang pecahan hampir Rp5 triliun

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan (tengah). BI menyiapkan Rp5 triliun untuk penukaran uang selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan Rp5 triliun penukaran uang pecahan besar dan uang pecahan kecil untuk kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019.

"Kami menyiapkan penukaran uang dalam jumlah tersebut di beberapa titik dan di perbankan," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, apabila diperlukan jumlahnya akan ditambah sesuai dengan kondisi atau perkembangan yang ada.

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, kecukupan uang kertas dan logam akan terjaga baik secara nominal maupun pecahan.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan perbankan di daerah sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan mendapatkan uang tunai atau melakukan penukaran.

Budiharto menjelaskan untuk kegiatan penukaran, pihaknya mengimbau agar melakukan penukaran uang pecahan kecil di kantor-kantor bank umum dan layanan kas keliling BI di tempat tertentu. "Penukaran tanpa dipungut biaya alias gratis," ujarnya.

Ia menegaskan BI dan perbankan daerah berupaya secara optimal baik sisi jangkauan maupun frekuensinya untuk melakukan layanan penukaran uang pecahan kecil selama bulan Mei 2019, terutama di pusat keramaian.

Budi menambahkan untuk pemerataan dan kelancaran dalam proses penukaran bersama seperti di Lapangan Korpri Pemprov Lampung, pada 27 hingga 29 Mei 2019, BI menyediakan paket penukaran senilai Rp4,4 juta terdiri atas pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, dan Rp2 ribu.*