Harga bawang putih di Bandarlampung capai Rp65.000/kg

id bawang putih, pasokan bawang di Lampung,harga bawang naik

Harga bawang putih di Bandarlampung capai Rp65.000/kg

Aktivitas perdagangan di Pasar Sukarame Bandarlampung, Sabtu, makin ramai. Namun, stok bawang di pasar itu tak sebanyak dua pekan lalu sehingga harganya pun cenderung naik. (Hisar Sitanggang/Antara Lampung)

Sekarang saja harganya sudah Rp65 ribu/kg, dan saya mendapatkan barang sedikit meski sudah mencarinya ke beberapa agen. Sulit mendapatkan bawang putih sekarang
Bandarlampung (ANTARA) - Harga bawang putih di Kota Bandarlampung melambung mencapai Rp65.000/kg dan para pedagang memperkirakan harganya bakal naik terus jika pasokannya tidak diperbanyak.

"Sekarang saja harganya sudah Rp65 ribu/kg, dan saya mendapatkan barang sedikit meski sudah mencarinya ke beberapa agen. Sulit mendapatkan bawang putih sekarang," kata Andi, salah satu pedagang bumbu masak di Pasar Sukarame, Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan harga bawang putih sebelumnya Rp18.000/kg.

Selain itu, ia juga menyebutkan harga bawang merah naik juga, dan sekarang harganya berkisar Rp30.000- Rp36.000/kg.

"Harga bawang merah naik juga, namun tidak setinggi kenaikan harga bawang putih," katanya.

Pedagang bawang lainnya di Pasar Sukarame itu juga menyebutkan harga bawang putih dan bawang merah naik tinggi.

Sementara itu, beberapa pengunjung pasar tradisional itu menyebutkan mereka akhirnya membeli bawang secukupnya saja karena harganya tinggi.

"Paling penggunaan bawang dikurangi," kata Lusi, salah satu pengunjung pasar itu.

Sementara harga cabai masih stabil, berkisar Rp20.000- Rp25.000/kg, karena pasokannya cukup banyak.

Dalam kesempatan berbeda, Pemerintah Provinsi Lampung mengatakan telah menyiapkan stok bawang putih sebanyak 30  ton per hari untuk mengantisipasi kekurangan komoditas tersebut menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2019.

"Jika komoditas bawang putih itu kurang, kami akan meminta tambahan dari Kementerian Perdagangan," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Satria Alam belum lama ini.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan sidak di pasar tradisional tersebut menunjukkan harga bawang putih saat ini cukup tinggi.

Menurutnya, masih tingginya harga bawang putih akibat suplai dari distributor berkurang sejak beberapa pekan ini.

Satria memperkirakan harga bawang putih akan kembali normal dalam beberapa pekan ke depan, menyusul akan ada tambahan stok komoditas tersebut sebanyak 30 ribu ton.

"Kami akan terus memantau harga kebutuhan pokok menjelang dan selama bulan Ramadhan agar tidak melonjak," katanya.