GGP bagikan 200 bibit durian

id GGP, bibit, durian

GGP bagikan 200 bibit durian

Penyerahan bantuan bibit oleh PT Great Giant Pineapple (GGP) kepada warga Kampung Banjar Kertarahayu, Kecamatan Way Pengubuhan, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung (Antaralampung.com/ist)

Bandarlampung (ANTARA) - Manajemen PT Great Giant Pineapple (GGP) memberikan bantuan berupa bibit durian jenis matahari kepada warga Kampung Banjar Kertarahayu, Kecamatan Way Pengubuhan, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung dalam rangka meningkatkan penghasilan masyarakat setempat.

"Kita telah memberikan bibit sebanyak 200 batang  kepada warga setempat. Pemberian bibit disaksikan oleh ketua tim penggerak PKK Kabupaten Lampung Tengah, Ellya Lusiana Loekman dan Kepala Kampung Banjar Kertarahayu, Hadi Kusuma," kata Senior Manager Sustainability PT GGP, Arief Fatulloh, Selasa.

Penyerahan bantuan bibit oleh PT GGP di Balai Kampung  Banjar Kertarahayu sekaligus mewarnai acara Peningkatan Peran Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS) dari TP PKK Kabupaten Lampung Tengah. Dengan bantuan dari perusahaan itu, diharapkan ke depan kampung Banjar Kertarahayu bisa menjadi sentral penghasil buah durian matahari dengan kualitas yang baik.

"Nantinya bukan hanya sekedar panen durian, tetapi buahnya bisa berkualitas ekspor sehingga ada nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat,” kata dia.

Di sisi lain juga, perusahaan ingin meningkatkan potensi buah lokal yang ada. Selama ini diketahui buah lokal cenderung untuk pasar lokal saja sehingga berharga murah.

"Untuk menaikkan ini tentunya kualitas dan standar ekspor harus dipenuhi. Pemahaman masyarakat juga harus dikembangkan ke arah model bisnis yang maju, bukan sekedar menanam tetapi pengembangan wirausaha juga harus ditingkatkan," kata dia lagi.

Arif menambahkan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perusahaan akan melakukan pendampingan kepada mitra binaan agar nantinya dapat menghasilkan buah dengan standar yang ditetapkan perusahaan.

Bantuan bibit yang diberikan tersebut tidak hanya ditanam lalu dibiarkan begitu saja kemudian ditunggu sampai berbuah, namun akan dilakukan supervisi oleh perusahaan agar kualitas nya menjadi lebih baik.

"Kita akan kawal dan akan dilakukan supervisi oleh perusahaan agar menghasilkan kualitas yang lebih baik," katanya.

Kepala Kampung Banjar Kertarahayu, Hadi Kusuma menyambut baik niat perusahaan dalam membantu dengan memberikan bibit buah-buahan kepada warganya.

Bibit durian dari GGP tersebut akan dibagikan kepada kelompok binaan desa yang tergabung di bawah P3KSS dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

"Satu warga mendapat bantuan satu bibit atau lebih tentu melihat luas pekarangan nya, karena durian termasuk tanaman berbatang besar,” jelasnya.

Bantuan bibit tersebut rencananya akan dibagikan kepada warga di enam Dusun Desa Banjar Kertarahayu dengan kategori keluarga kurang mampu dengan harapan ke depannya dapat mendongkrak penghasilan dan meningkatkan ekonomi untuk menuju keluarga sejahtera.

“Sebagai pemerintahan desa mengucapkan terimakasih atas kontribusi GGP yang peduli dengan warga, khususnya kampung Banjar Kertarahayu. Selain bantuan bibit, GGP juga telah memberikan pelatihan home industri untuk kerajinan keripik pisang yang bahan baku nya juga disediakan oleh GGP,” kata dia.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar