Magelang pasok benih bawang putih ke daerah lain

id magelang suplai ,benih bawang putih, ke daerah lain

Magelang pasok benih bawang putih ke daerah lain

Bawang Putih (Foto: Antara Sumut/Indra)

Magelang (ANTARA) - Hasil panen bawang putih para petani di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mampu untuk memasok benih bawang putih ke daerah lain, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Tri Agung.

"Dalam mendukung program nasional swasembada bawang putih 2021, Magelang mampu memenuhi kebutuhan benih bawang putih sendiri, bahkan mampu memasok benih bawang putih ke luar Kabupaten Magelang," katanya di Magelang, Selasa.

Sejumlah daerah yang mendapat suplai benih bawang putih dari Kabupaten Magelang. yakni Kabupaten Palu, Poso, Donggala, Sigi, Agam, Tanah Datar, Lumajang, dan Kabupaten Wonosobo.

Ia menuturkan Kementerian Pertanian mengalokasikan dana APBN untuk Kabupaten Magelang sebesar Rp8 miliar pada 2017 dan pada 2018 meningkat menjadi Rp11,7 miliar dalam rangka mengembalikan kejayaan bawang putih dan tekat mewujudkan swasembada bawang putih  2021.

"Hasil dari kegiatan tersebut, petani termotivasi untuk melaksanakan budi daya bawang putih dan mampu menghasilkan benih unggul bermutu untuk kebutuhan benih bawang putih di Kabupaten Magelang dan daerah lainnya," katanya.

Selain dari dana APBN, katanya beberapa pelaku usaha importir bawang putih telah melakukan kemitraan penanaman bawang putih dengan kelompok tani yang sudah dimulai sejak Desember 2017 berlokasi di wilayah barat Kabupaten Magelang, yaitu lereng Gunung Sumbing yang meliputi tiga kecamatan, yakni Kaliangkrik, Kajoran, dan Windusari.

"Kami terus mencoba untuk mengembangkan bawang putih di lokasi baru, di lereng Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo bekerja sama dengan pelaku usaha," katanya.

Menurut dia, hasilnya ternyata tidak kalah dibandingkan dengan wilayah barat Magelang yang sudah terlebih dulu menanam bawang putih seperti yang dilaksanakan di Desa Madyogondo, Kecamatan Ngablak yang merupakan kelompok tani pemula penanaman bawang putih.

Ia menuturkan Magelang sepenuhnya mendukung program yang telah dicanangkan oleh Kementan untuk percepatan swasembada nasional bawang putih tahun 2021.