Gubernur : Pariwisata Lampung berkembang cepat, nomor tiga di Indonesia

id gubernur lampung, pariwisata, nomor tiga, tanah air

Gubernur : Pariwisata Lampung  berkembang cepat, nomor tiga di Indonesia

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (baju batik) (Antaralampung.com/Agus Wira Sukarta/ist)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan bahwa perkembangan pariwisata di  daerahnya cukup pesat sehingga menempati peringkat tiga di Indonesia.

"Berdasarkan data, Provinsi Lampung Top 3 di Indonesia dalam perkembangan pariwisatanya," kata dia di Bandarlampung, Sabtu.

Menurut dia,  Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan bahwa Lampung merupakan provinsi yang sangat berkomitmen dalam mengembangkan industri pariwisata.

Lampung menurutnya, dinilai berprestasi dalam memajukan dan mengembangkan berbagai event pariwisata di Provinsi Lampung salah satunya yakni Lampung Krakatau Festival yang berhasil menarik wisatawan baik dari mancanegara maupun lokal.

Ridho menjelaskan bahwa seluruh langkah. yang diambil dari setiap pemaparan dan belajar, berdiskusi bersama Menpar Arief.

"Sebetulnya saya tidak ada latar belakang pariwisata, akan tetapi saya belajar dari setiap pidato-pidato Pak Arief, semuanya saya jalankan dan yang terpenting yakni akses infrastruktur menuju destinasi pariwisata tersebut saya benahi dan perbaiki yang kemudian saya jadikan prioritas dan ternyata dengan hal tersebut pariwisata di Lampung berkembang pesat," jelas Ridho.

Untuk diketahui,  kunjungan pariwisata Lampung setiap tahun terus naik secara drastis.

Data menunjukkan bahwa pada  2015 wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk Lampung mencapai 114.907 orang dan wisatawan Nusantara (wisnus) sebanyak 5,53 juta.

Kemudian, pada 2016, wisman tercatat  155.053 orang dan wisnus meroket menjadi 7,29 juta orang. Sedangkan pada 2017 kunjungan wisman mencapai 245 ribu orang dan wisnus mencapai 8,8 juta orang.

Hal tersebut  menjadikan peningkatan pariwisata di Provinsi Lampung menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.