KPU Lampung Timur: Puluhan petugas Pemilu 2019 sakit

id Kpu Lampung Timur, Bawaslu, pemilu2019

Komisioner KPU Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro bersama Forkompinda Pemkab Lampung Timur saat meninjau Kotak Suara Pemilu 2019 di kabupaten Setempat, Selasa (9/4) (Foto: ANTARA/Ist-KPU Lampung Timur)

Sukadana, Lampung Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur menyebutkan sebanyak 27 orang petugas terdiri dari unsur Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) jatuh sakit karena kelelahan selama menjalani tugas Pemilu 2019 terhitung tanggal 17 April.

Enam di antaranya saat ini masih dirawat di rumah sakit.

"Total yang sakit ada 27 orang, informasi yang saya dapat masih ada enam orang yang dirawat inap di rumah sakit," kata Komisioner KPU Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro, di Lampung Timur, Kamis.

Wasiyat Jarwo mengatakan, para petugas pemilu tersebut jatuh sakit karena kelelahan akibat perlu waktu lama untuk mengikuti proses rekapitulasi penghitungan suara sehingga membuat stamina tubuh mereka drop.

"Di PPK Mataram Baru sampai ada tiga anggota PPK opname, sehingga plenonya diambil alih oleh KPU, mereka sakit ada faktor kelelahan, karena beberapa hari begadang terus," ujarnya.

Menurut Wasiyat, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan sampai saat ini masih berlangsung dan untuk menjaga kesehatan anggota PPK, tenaga medis puskesmas di setiap kecamatan memberikan dukungan layanan kesehatan seperti cek kesehatan dan memberikan vitamin.

Disinggung mengenai kecamatan yang sudah menyelesaikan rekapitulasi, Wasiyat menyebutkan hari ini sudah 17 PPK dari 24 kecamatan di Lampung Timur yang telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara.

"Yang sudah selesai dan kotak sudah dikirim ke KPU sampai dengan saat ini, ada 14 kecamatan. Saat ini sudah selesai pleno, tetapi kotak suara belum sampai di KPU, ada 3 kecamatan," katanya lagi.

KPU Kabupaten Lampung Timur menyebutkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di daerah ini sebanyak 790.149 orang. Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 3.440 yang tersebar pada 24 kecamatan.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar