KPU dan Dinas Kesehatan Waykanan periksa kesehatan petugas pemilu

id Kpu waykanan

Petugas kesehatan sedang memeriksa kesehatan petugas KPU pasca-Pemilu 17 April 2019. ( Antaralampung.com/Humas KPU Waykanan)

Waykanan, Lampung (ANTARA) - KPU Kabupaten Waykanan menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk memeriksa kesehatan petugas pemilu sebagai upaya mencegah jatuhnya korban sakit karena kelelahan saat menuntaskan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 17 April 2019 di daerah itu.
 
“Kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, puskesmas, dan rumah sakit untuk memeriksa kesehatan para anggota PPS, PPK dan KPU. Maksudknya agar tidak ada korban akibat kelelahan,” kata anggota KPU Waykanan, Refki Dharmawan, di Blambangan Umpu, Rabu

Menurutnya, akibat proses pemilu yang panjang dan melelahkan, banyak di antara petugas pemilu yang mengalami gangguan kesehatan.
 
Selain itu, ada beberapa anggota yang masuk rumah sakit akibat kelelahan menjelang pleno tingkat PPK. 

“Bahkan ada yang drop sampai dibawa ke Puskesmas Waytuba dan ada juga yang disengat kelabang akibat tidur kelelahan di samping kotak suara,” katanya 

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi korban bertambah akibat kelelahan dan kurang tidur, KPU berkoordinasi dengan Kadis Kesehatan Waykanan yang meminta pendampingan tenaga kesehatan di semua kecamatan.

Hal itu dimaksudkan untuk mengecek kondisi para petugas PPK, TNI-Polri, pengawas dan saksi yang ada di tempat pleno kecamatan. 

“Sebanyak 30 staf KPU secara marathon melakukan scan dan upload C1 siang dan malam sejak tanggal 19 April. Rata-rata keluhan yang dialami adalah kurang tidur, kepala pusing dan tekanan darah naik,” katanya
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar